Share

Momentum Shin Tae-yong Bereksperimen di Laga Timnas Indonesia vs Curacao, Muncul Kejutan?

Reinaldy Darius, Okezone · Rabu 21 September 2022 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 51 2671759 momentum-shin-tae-yong-bereksperimen-di-laga-timnas-indonesia-vs-curacao-muncul-kejutan-uXmggtQC9m.jpg Shin Tae-yong bisa bereksperimen di laga Timnas Indonesia vs Curacao (Foto: Instagram/PSSI)

MOMENTUM Shin Tae-yong bereksperimen di laga Timnas Indonesia vs Curacao. Situasi ini berpotensi menciptakan kejutan dari Tim Garuda.

Timnas Indonesia akan segera menghelat dua laga FIFA Matchday kontra Curacao. Kedua laga itu akan dimainkan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) 24 September 2022 dan di Stadion Pakansari Bogor pada tiga hari kemudian.

Timnas Indonesia

Laga FIFA Matchday ini pada dasarnya adalah pertandingan uji coba atau persahabatan yang sering digunakan tim nasional untuk mengukur kekuatan jelang turnamen sesungguhnya yang akan datang. Dalam kesempatan kali ini, Indonesia sedang mempersiapkan diri untuk tampil di Piala AFF 2022.

Sebagai catatan, Curacao bukanlah negara yang sembarangan. Meskipun relatif jarang diketahui oleh penikmat sepakbola, namun mereka berperingkat 84 di FIFA. Jadi, kualitas permainannya bisa diperkirakan akan cukup menyulitkan bagi Timnas Indonesia, yang pada saat ini hanya duduk di urutan ke-155 FIFA.

Selagi berharap meraih dua kemenangan dalam laga ini, Shin Tae-yong kemungkinan bisa meramu susunan pemain yang baru. Kualitas lini pertahanan secara khusus mendapatkan perhatian.

Ketika menghadapi tim-tim yang relatif kuat seperti Kuwait, Yordania, dan Vietnam, Shin Tae-yong kerap bermain pragmatis dengan mengandalkan kekuatan pertahanan dan menyerang balik. Biasanya, dia akan menggunakan formasi dengan lima bek dan total tujuh pemain bertahan ketika tidak memegang bola.

Tugas para gelandang bertahan yang tangguh menjadi sangat penting dalam situasi ini, seperti Marc Klok atau Rachmat Irianto. Jasa mereka sangat diperlukan untuk memotong bola dan kemudian menginisiasi serangan balik.

Selagi memiliki pertahanan yang tangguh, para penyerang yang tajam juga tentu diperlukan. Lebih tepatnya, para penyerang ini harus efektif dalam memaksimalkan peluang.

Witan Sulaeman

Timnas Indonesia mungkin tidak akan punya banyak waktu untuk menyerang Curacao. Oleh karena itu, setiap momen untuk menyakiti Curacao harus dimaksimalkan dengan baik. Dalam hal ini, mereka harus efektif.

Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri adalah para pemain yang kualitasnya diakui di sepakbola Eropa. Kecepatan mereka tentu sangat berguna, seperti yang sudah terlihat pada Piala AFF 2020 lalu.

Kehadiran Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri tentu akan sangat membantu, namun ada nama-nama menarik yang dipanggil oleh Shin Tae-yong. Saddil Ramdani dan Yakob Sayuri diharapkan bisa mengimbangi permainan mereka.

Menarik ditunggu bagaimana Shin Tae-yong akan meramu pasukan besutannya untuk laga kali ini. Tentu, hasil maksimal adalah yang diharapkan, namun permainan yang menjanjikan juga diperlukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini