Share

Laga Persik Kediri vs Arema FC Jadi Ajang Kedua Pelatih Cari Kemenangan Pertama

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 17 September 2022 08:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 17 49 2669369 laga-persik-kediri-vs-arema-fc-jadi-ajang-kedua-pelatih-cari-kemenangan-pertama-h6QIrk3qmd.jpg Javier Roca incar kemenangan perdana untuk Arema FC saat hadapi Persik Kediri (Foto: MPI/Avirista Midaada)

LAGA Persik Kediri vs Arema FC jadi ajang kedua pelatih cari kemenangan pertama. Pertandingan pekan ke-10 Liga 1 2022-2023 ini akan diselenggarakan di Stadion Brawijaya, Sabtu (17/9/2022), dengan kick-off dilakukan pada pukul 16.00 WIB.

Kemenangan menjadi hal wajib bagi Javier Roca, yang mengawali kariernya sebagai pelatih Arema FC dengan kekalahan 1-2 dari Persib Bandung pada pekan lalu. Laga kontra Persik Kediri pun menjadi spesial baginya, karena pelatih asal Chile ini sebelumnya menangani tim tersebut di awal musim Liga 1 2022-2023.

Javier Roca

Tetapi belum stabilnya performa Persik Kediri sejak awal musim membuat target Javier Roca untuk meraih kemenangan bagi Arema FC kemungkinan besar bisa terealisasi. Syaratnya tentu satu bagaimana adaptasi cepat pemain Arema FC terhadap taktik yang diterapkan Javier Roca.

Berkaca dari laga melawan Persib Bandung, pemain Arema FC tampak masih kesulitan beradaptasi dengan strategi permainan atraktif yang diinginkan Roca. Hasilnya pemain Arema FC seperti kehabisan napas setelah setengah babak kedua berjalan.

Stamina memang menjadi sorotan Javier Roca seusai laga melawan Persib. Hal ini diakui ada beberapa faktor pertama jelas Johan Alfarizi cs kelelahan usai serangkaian pertandingan sejak Piala Presiden dan berlanjut ke Liga 1 musim 2022-2023.

Faktor kedua tentu adaptasi taktik, pelatih lama Arema FC Eduardo Almeida kerap kali menggunakan strategi serangan balik dengan umpan panjang ke depan sehingga membuat pemain Arema FC lebih irit, dari sisi stamina. Tapi hal itu berjalan terbalik dengan Roca, pelatih asal Cile ini lebih menekan pemainnya memegang bola dan mengumpannya secara cepat dari kaki ke kaki hingga ke depan.

Perbedaan karakteristik strategi ini yang diakui oleh Roca membuat pemainnya kesulitan menerapkan strateginya. Maka pekerjaan rumah Roca sebelum laga melawan Persik Kediri, selain harus memulihkan mental pemain-pemainnya usai tiga kali kalah beruntun, bagaimana stamina pemainnya bisa fit selama 90 menit.

Beruntung di laga melawan Persik di Stadion Brawijaya, Kediri, kemungkinan besar beberapa pemain andalan Arema FC sudah kembali. Kapten tim Johan Alfarizi dan bek tengah Bagas Adi Nugroho yang absen di laga melawan Persib kemungkinan sudah bisa main.

Nasib Adilson Maringa dan Evan Dimas yang juga sempat absen di laga melawan Persib karena cedera aducctor dan terkena sakit tipes, juga berangsur-angsur membaik kendati masih belum 100 persen. Tapi Singo Edan masih harus kehilangan bomber andalan mereka Abel Camara yang mengalami cedera hamstring.

Evan Dimas

Kembali Alfarizi, Bagas, dan Adilson di sisi pertahanan Arema FC kemungkinan besar membuat sedikit lebih kokoh. Terlebih Macan Putih, kerap kali susah mengonversikan gol ke tim dengan pertahanan kokoh.

Hal ini didukung dengan belum produktifnya penyerang - penyerang Macan Putih. Tercatat Persik baru mencetak empat gol, namun tak ada nama penyerang yang mencatatkan namanya di pencetak gol. Sorotan tentu datang ke bomber asal Brazil Jo Anderson yang belum mencetak gol sama sekali dalam 8 pertandingan yang dijalaninya.

Pesepakbola berusia 26 tahun ini telah melakukan 11 kali percobaan tendangan, dimana 5 di antaranya tepat sasaran, tapi belum sama sekali membuahkan gol. Bahkan Anderson juga belum mencatatkan assist sama sekali dari 71 umpan sukses yang dilakukannya.

Persik selama ini mengandalkan serangan dan produktivitas Renan Silva. Sosoknya memang baru mencetak satu gol dari 9 pertandingan yang dijalaninya. Total pemain asal Brazil telah mencatatkan 182 umpan berhasil, dari 302 umpan yang dilakukannya.

Sosok lain yang juga berpotensi merepotkan Arema FC yakni Riyanto Abiyoso. Pemain berusia 23 tahun ini kerap kali memanfaatkan kecepatannya. Total ada sudah 13 percobaan tendangan ke gawang yang dilakukan, dengan 5 tendangan berhasil mengarah ke target.

Meski demikian, Persik Kediri perlu menjaga konsentrasi sepanjang pertandingan. Pasalnya sudah 15 gol bersarang ke gawang Persik Kediri. Menariknya gol itu terbagi rata di tiga penjaga gawang yang dimainkan Persik Kediri. Dimana total 1,67 gol per pertandingan gawang Persik kebobolan.

Terlebih secara catatan statistik, Arema FC memang unggul dalam head to head 10 pertemuan kedua tim. Total 6 pertandingan dimenangkan Arema FC, sedangkan Persik Kediri meraih 3 kemenangan, sedangkan satu pertandingan berakhir imbang.

Persik Kediri

Namun tekad bermain di kandang di hadapan Persikmania, gengsi laga Derby Jawa Timur hingga pembuktian pelatih baru Divaldo Alves menjadi faktornya. Di sisi lain Arema FC yang bermaterikan pemain bagus juga masih mencari strategi yang tepat di tangan pelatih baru mereka Javier Roca.

Skor imbang bisa saja terjadi jika kedua tim bermain disiplin dan bermain atraktif. Sedangkan jika salah satu tim melakukan kesalahan, maka akan dibayar mahal dengan membawa kekalahan.

Prediksi susunan pemain

Persik Kediri (4-3-3)

Kurniawan Kartika Ajie, Arthur Silva, M. Rifaldi, Mario Yagalo, Danny Saputra, Fitra Ridwan, Rohit Chand, Renan Silva, Riyatno Abiyoso, Fariz Aditama, Jo Anderson

Pelatih: Divaldo Alves

Arema FC (4-2-1-3)

Adilson Maringa, Rizky Dwi, Hasyim Kipuw, Sergio Silva, Johan Alfarizi, Jayus Hariono, Renshi Yamaguchi, Gian Zola, Adam Alis, Dendi Santoso, Dedik Setiawan

Pelatih: Javier Roca

Head to head dua tim

15/6/2022 Persik Kediri 0 - 1 Arema FC

27/2/2022 Arema FC 0 - 1 Persik Kediri

19/11/2021 Persik Kediri 2 - 3 Arema FC

27/8/2021 Persik Kediri 2 - 2 Arema FC

6/2/2014 Arema FC 5 - 0 Persik Kediri

Prediksi skor pertandingan

Persik Kediri 0 - 1 Arema FC

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini