Share

Ada Stadion Bagus di Banten, Netizen Bingung' Tak Dijadikan Kandang Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2022

Reinaldy Darius, Okezone · Selasa 13 September 2022 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 13 51 2666553 ada-stadion-bagus-di-banten-netizen-bingung-kok-gak-dilirik-pssi-untuk-fifa-matchday-za1dVdQykG.jpg Ada stadion bagus di Banten, netizen bingung kok gak dilirik PSSI untuk FIFA Matchday (Foto: Instagram/stadion.banten)

ADA stadion bagus di Banten, netizen bingung tak dijadikan kandang Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2022. Stadion tersebut adalah Banten International Stadium, yang terletak di Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang.

Sepakbola Indonesia sedang riuh karena keputusan PSSI untuk tidak menggunakan stadion bertaraf internasional seperti Jakarta International Stadium (JIS). Tadinya, stadion yang dibangun di Jakarta Utara ini diharapkan untuk menjadi tuan rumah dalam salah satu partai FIFA Matchday antara Timnas Indonesia dan Curacao akhir September ini.

Banten International Stadium (BIS)

Namun, PSSI memutuskan untuk tidak menggunakannya karena berpendapat bahwa JIS belum sepenuhnya siap untuk digunakan. Pada saat ini, mereka pun sedang menyeleksi salah satu di antara Stadion Pakansari, Bogor, dan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, untuk menjadi venue pertandingan FIFA Matchday.

Sebagai catatan, FIFA Matchday kontra Curacao nantinya akan dilaksanakan di dua tempat. Namun, salah satunya sudah pasti bakal digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung.

Pendapat PSSI bahwa JIS belum layak untuk Timnas Indonesia pun menuai pro dan kontra. Banyak yang berpendapat bahwa ini dicampuradukkan oleh masalah politik yang melibatkan elite PSSI.

Netizen banyak yang menentang PSSI, namun mereka juga mencoba untuk memberikan solusi dengan mengusulkan stadion lain. Yang diusulkan adalah Banten International Stadium (BIS), yang terletak di Serang, Banten.

Diketahui, BIS merupakan stadion yang masih sangat baru. Itu baru diperkenalkan pada 9 Mei 2022 lalu dan merupakan bagian dari Banten Sports Center.

Pembangunan BIS menghabiskan dua tahun dari Juli 2020 hingga Mei 2022. Stadion bertaraf internasional ini diklaim memiliki kapasitas penonton yang cukup luas hingga 30 ribu.

Banten International Stadium (BIS)

Secara kapasitas, Banten International Stadium masih kalah jauh dibandingkan JIS. Sebab, kapasitas Jakarta International Stadium diklaim bisa mencapai hingga 82 ribu penonton.

Namun, secara penampilan, BIS memiliki kualitas yang mumpuni dan seharusnya mampu menggelar event sebesar pertandingan Tim Nasional Indonesia. Alhasil, banyak netizen yang mencolek PSSI dan juga Ketua Umum Mochamad Iriawan agar mempertimbangkan BIS sebagai venue pertandingan FIFA Matchday.

“Kenapa timnas gk main di banten,” komentar seorang warganet dalam sebuah unggahan di akun @stadion.banten sembari mencolek akun PSSI. “Kenapa ga main disini aja pak, belom pernah dipake ni rumputnya,” sahut komentar lain dengan mencolek akun Ketum Mochamad Iriawan dan Sekjen PSSI Yunus Nusi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini