Share

Sekjen PSSI Sebut Timnas Indonesia Pasti Akan Main di JIS

Andika Rachmansyah, MNC Portal · Selasa 13 September 2022 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 13 51 2666322 sekjen-pssi-sebut-timnas-indonesia-pasti-akan-main-di-jis-4Ik9yhADov.jpg Sekjen PSSI sebut JIS pasti dipakai untuk Timnas Indonesia bermain suatu hari nanti (Foto: Dok Pemprov DKI)

SEKJEN PSSI sebut Timnas Indonesia pasti akan main di JIS. Menurut Sekjen PSSI, Yunus Nusi, hal ini hanyalah persoalan waktu saja.

Jakarta International Stadium (JIS) belakangan kembali diperbincangkan publik, setelah PSSI memutuskan untuk tidak memakainya ketika Timnas Indonesia berhadapan dengan Curacao di FIFA Matchday September 2022 ini. Hal itu menciptakan polemik mengingat JIS dibangun untuk mengakomodasi animo tinggi pecinta sepakbola Indonesia hingga memiliki kapasitas hingga 82 ribu penonton.

Jakarta International Stadium

Namun, berdasarkan hasil inspeksi yang dilakukan, PSSI menilai JIS belum memenuhi kelayakan 100 persen infrasuktur. Yaitu mulai dari are drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter menumpuk di barat utara.

Kemudian federasi sepakbola Indonesia itu juga menilai concourse timur belum dapat digunakan. Menurut mereka, perimeter tribun perlu pengkajian ulang, pagar perimeter di bawah concourse barat tidak kokoh dan sarana prasarana pendukung seperti kantung parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion belum sesuai standar.

Sehingga dengan dalih tersebut, JIS tidak jadi dipakai untuk laga kedua Timnas Indonesia di FIFA Matchday melawan Curacao. Alhasil, PSSI memutuskan untuk memakai Stadion Pakansari, Bogor, sebagai opsi penggantinya.

Padahal, sebelumnya PSSI mengatakan bahwa Skuad Garuda akan bermain di sana pada laga kedua atau tepatnya pada 27 September mendatang. Namun karena dinilai belum layak, maka mereka tidak jadi memakai JIS.

Alasan ini membuat netizen cukup geram. Mereka dibuat bingung dengan alasan PSSI yang menyebut JIS tidak layak menggelar pertandingan selevel FIFA Matchday.

Di tengah polemik seperti ini, Yunus selaku Sekjen PSSI angkat bicara. Dia mengatakan bahwa Timnas Indonesia pasti akan memakai JIS sebagai venue untuk pertandingan.

Yunus Nusi

Namun, itu semua akan terlaksana apabila infrastruktur yang menjadi catatan PSSI telah dibenahi oleh JIS. Jika itu semua telah diperbaiki, Yunus mengatakan nanti Timnas Indonesia bakal memakai stadion megah di bilangan Jakarta Utara itu.

"Ini hanya masalah waktu saja. Cepat atau lambat, JIS akan menjadi tempat bagi timnas berlaga," kata Yunus dilansir dari situs resmi PSSI, Selasa (13/9/2022).

"Apakah untuk senior, tim U-23, U-20, maupun U-16," pungkasnya.

Ucapan Yunus jelas hanya ingin membuat suasana dingin saja. Mengingat, netizen cukup geram dengan keputusan PSSI yang memindahkan lokasi pertandingan ke Stadion Pakansari. Sebab, netizen juga berpikir kalau hal tersebut dilakukan karena adanya unsur politik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini