Share

5 Pelatih Terakhir yang Bawa Manchester United Juara, Nomor 1 Penuh Kontroversi

Cita Zenitha, MNC Portal · Rabu 07 September 2022 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 07 45 2662293 5-pelatih-terakhir-yang-bawa-manchester-united-juara-nomor-1-penuh-kontrovesi-jADkOU5fO5.jpg 5 Pelatih Terakhir yang Bawa Manchester United Juara. (Foto: Premier League)

5 pelatih terakhir yang bawa Manchester United juara akan diulas di artikel ini. Masa kejayaan para pelatih ini sangat dirindukan setelah klub berjuluk Setan Merah itu bertahun-tahun tidak membawa pulang trofi.

Manchester United sudah cukup lama mengepakan sayap sebagai klub ternama, baik di Liga Inggris maupun dunia. Klub tersebut juga termasuk ke dalam kasta tertinggi sepakbola Inggris.

Kiprah Man United setiap musim selalu mencuri perhatian. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini klub berjuluk The Red Devils terlihat tidak semenakutkan dulu karena mulai kesulitan meraih gelar juara..

Setelah keluarnya Sir Alex Ferguson dari kursi kepala pelatih Man United, tim tersebut langsung terjun bebas. Man United berupaya bangkit dengan menggelontorkan dana yang besar, namun nyata percobaan itu tak menghasilkan dampak apapun. Bahkan klub tersebut kini sudah cukup lama absen mengangkat trofi juara.

Banyak sekali faktor yang menyebabkan Manchester United kesulitan meraih trofi. Salah satu alasan tersebut adalah kehilangan pelatih terbaik yang kerap membawa Man United meraih juara. Lantas siapa saja pelatih terakhir yang pernah berjaya di Man United?

Berikut 5 Pelatih Terakhir yang Bawa Manchester United Juara

5. Sir Alex Ferguson

Sir Alex Ferguson

Siapa yang tidak kenal Sir Alex Ferguson? Ia menjadi salah satu pelatih yang mengatur moncer di Man United. Alex Ferguson sebagai pengganti dari Ron Atkinson dan menjabat selama 27 tahun lama.

Berkat dirinya klub Setan Merah pernah menduduki masa-masa kejayaan yang begitu panjang. Man United bahkan telah mengumpulkan tiga belas trofi Liga Inggris, dua gelar Liga Champion, dan masih ada puluhan trofi lainnya.

4. David Moyes

David Moyes

Pada musim 2013-2014 Man United kedatangan pelatih baru yaitu David Moyes. Usai ditinggal Alex Ferguson, Moyes mendapatkan beberan untuk mempertahankan kejayaan yang telah diraih sebelumnya.

Selama masa jabatannya, Moyes membantu klub setan merah memenangkan banyak kejuaraan. Salah satunya adalah kemenangan Man United dalam meraih trofi Community Shield. Dalam 51 pertandingan yang dipimpinnya, Man United menang sebanyak 27 pertandingan, 9 kali imbang dan 15 kali kekalahan.

3. Ron Atkinson

Ron Atkinson

Ron Atkinson menjadi pelatih Man United pada 1981-1982 dan mampu membawa Setan Merah meraih kejayaannya pada masa itu. Walau gagal membawa Man United ke Liga Inggris, tetapi ia pernah mengantarkan klub tersebut meraih 10 kemenangan berturut-turut.

Selain itu, Atkinson juga membawa Man United meraih 2 gelar pada kejuaraan Piala FA dan Charity Shield. Ron Atkinson dipecat pada 6 November 1986 karena ketidak konsistennya dalam melatih.

2. Louis van Gaal

Louis van Gaal

Catatan sejarah Louis van Gaal untuk Man United terbilang sangat mengesankan. Bahkan sejak pertama dia debut di Old Trafford pada 2014 lalu. Pada musim pertama ia berhasil mengantarkan klub Setan Merah masuk Liga Champion. Meski pada akhirnya harus tersingkirkan.

Sayangnya Louis van Gaal hanya mampu mengumpulkan 1 trofi yaitu pada Piala FA. Menjabat selama dua musim, Louis van Gaal telah memimpin Man United dalam 103 pertandingan dengan perolehan 54 kali kemenangan, 25 kali imbang dan 24 kali kalah. Nyatanya satu trofi yang diraih Louis van Gaal tidak mampu menyelamatkan dirinya dari pemecatan.

1. Jose Mourinho

Jose Mourinho

Pelatih selanjutnya yang berhasil membawa Man United meraih trofi adalah Jose Mourinho. Bahkan di musim pertama masuknya Mourinho sebagai pelatih, yakni musim 2016-2017 terbilang sangat memuaskan.

Man United meraih tiga trofi sekaligus yaitu trofi Piala Liga, Liga Eropa, dan Community Shield. Namun, setelah itu karena performa Man United semakin menurun akhirnya Mourinho diberhentikan pada 2018 lalu.

Itulah 5 pelatih terakhir yang bawa Manchester United juara.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini