Share

Setelah Jordi Amat dan Sandy Walsh, Ketum PSSI Tak Berencana Naturalisasi Pemain Lagi

Muammar Yahya Herdana, MNC Portal · Kamis 01 September 2022 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 01 51 2658871 setelah-jordi-amat-dan-sandy-walsh-ketum-pssi-tak-berencana-naturalisasi-pemain-lagi-YkRsD2RFQM.jpg Setelah Jordi Amat dan Sandy Walsh, Ketum PSSI tak berencana naturalisasi pemain lagi tahun depan (Foto: Okezone)

SETELAH Jordi Amat dan Sandy Walsh, Ketum PSSI tak berencana naturalisasi pemain lagi. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berbicara ketika menghadiri rapat kerja bersama Komisi X DPR RI.

Dalam rapat kerja tersebut, PSSI bersama Menpora dan Komisi X DPR RI membahas proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh. Selain mereka berdua, sebenarnya masih ada satu nama lagi yang perlu diselesaikan proses naturalisasinya, ialah Shayne Pattynama.

Sandy Walsh dan Jordi Amat

Dalam kesempatan rapat tersebut, Iwan Bule mengatakan bahwa tahun depan PSSI tidak berencana untuk melakukan proses naturalisasi lainnya. Pasalnya, dia menilai bahwa naturalisasi pemain hanyalah solusi jangka pendek saja.

"Ke depannya direncanakan tidak akan ada naturalisasi tersebut. Karena ini merupakan jangka pendek saja," ujar Iwan Bule pada rapat kerja tersebut, Kamis (1/9/2022).

Iwan Bule mengatakan bahwa proses naturalisasi yang diminta saat ini merupakan permintaan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pasalnya, pelatih asal Korea Selatan itu menilai bahwa Timnas Indonesia saat ini memang membutuhkan pemain bek berpengalaman dalam waktu singkat.

Follow Berita Okezone di Google News

"Tapi saat ini Shin Tae-yong merasa ketiga pemain tersebut (termasuk Shayne Pattynama) memang diperlukan untuk menjaga pertahanan Timnas kita yang memang dinilai butuh pemain berpengalaman," tambahnya.

 Shayne Pattynama

Selain itu, Iwan Bule menegaskan bahwa naturalisasi pemain memang bukanlah solusi jangka panjang. Dirinya pun mengatakan bahwa pemain Timnas U-16 saat ini akan menjadi fokus utama PSSI untuk mengembangkan sepak bola Indonesia dalam jangka panjang.

"Ini memang bukan jangka panjang, untuk jangka panjang memang difokuskan untuk pemain timnas U-16," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini