Share

6 Pemain Bintang yang Jadi Pelatih di Liga Inggris 2022-2023

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Sabtu 27 Agustus 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 26 45 2655426 6-pemain-bintang-yang-jadi-pelatih-di-liga-inggris-2022-2023-g1SpSMpciw.jpg Berikut pemain bintang yang jadi pelatih di Liga Inggris 2022-2023 (Foto: Premier League)

6 pemain bintang yang jadi pelatih di Liga Inggris 2022-2023, akan dibahas Okezone. Sebagaimana diketahui, kehidupan sebagai pesepak bola tidaklah lama. Setelah pensiun, banyak pesepak bola yang beralih profesi meski tidak jauh dari dunia sepak bola.

Beberapa pesepak bola terjun ke dunia kepelatihan usai pensiun. Nah, berikut enam pemain bintang yang jadi pelatih di Liga Inggris 2022-2023:

6. Steven Gerrard

Steven Gerrard (Foto:Reuters)

Nama Steven Gerrard sangat melegenda di Liga Inggris. Meski tak pernah meraih gelar juara Liga Inggris bersama Liverpool, Gerrard adalah salah satu gelandang terbaik di Liga Inggris, bahkan dunia semasa aktif bermain.

Sejak pertengahan musim 2021-2022, Gerrard berstatus sebagai pelatih Aston Villa. Sebelumnya, Gerrard mencatat prestasi bersama Glasgow Rangers di Skolandia. Dia membawa Rangers menjadi juara Liga Skotlandia 2020-2021.

Jika diamati, Gerrard belum memberikan dampak besar bagi Aston Villa. Sebab, penampilan The Villans di bawah naungan Gerrard masih terhitung kurang konsisten dan tampak masih berkutat di lini tengah.

5. Frank Lampard

Frank Lampard (Foto: Reuters)

Siapa yang tak kenal legenda Chelsea, Frank Lampard? Penampilan hebat Lampard sebagai gelandang kreatif dan produktif, membuatnya kerap dibandingkan dengan Gerrard, baik secara prestasi maupun performa di lapangan.

Lampard diketahui pernah melatih tiga klub Inggris, yakni Derby County, Chelsea, dan Everton. Dari ketiga tim tersebut, hanya Derby County yang cukup moncer. Sama halnya dengan Gerrard, performa Lampard sebagai pelatih juga belum terlalu mentereng.

4. Mikel Arteta

Mikel Arteta (Foto: Reuters)

Arsenal adalah tim yang dibela sekaligus tim pertama yang dipimpin Mikel Arteta sebagai pelatih kepala. Pria asal Spanyol itu kerap mendapatkan kritik karena permainan Arsenal kurang konsisten dalam beberapa musim lalu.

Meski begitu, Arsenal tampil cukup mentereng pada awal musim 2022-2023. The Gunners memenangkan tiga pertandingan pertama mereka di Liga Inggris musim ini.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Patrick Vieira

Patrick Vieira (Foto: OGC Nice)

Saat masih menjadi pesepak bola profesional, Patrick Vieira adalah sosok gelandang petarung yang sangat disegani, baik rekan maupun lawan. Banyak orang memuji prestasi Vieira di beberapa klub besar yang pernah dibelanya.

Saat ini, Vieira menjalani musim kedua sebagai pelatih dari Crystal Palace. Secara performa, Crystal Palace di bawah asuhan Vieira adalah tim yang solid. Bahkan, mereka tampak cukup kuat dalam bertahan, meski masih bermasalah dalam menyerang.

2. Josep Guardiola

Josep Guardiola (Foto: Reuters)

Memiliki segudang prestasi sebagai pelatih, tak heran jika banyak pihak menyebut Josep Guardiola sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini. Guardiola hampir selalu meraih trofi pada setiap musim.

Guardiola, yang kini berstatus sebagai pelatih Manchester City, membawa The Citizens menjadi unggulan dalam perebutan gelar juara Liga Inggris 2022-2023. Saat masih menjadi pesepak bola profesional, Guardiola cukup dikenal karena prestasinya saat membela Barcelona selama 10 tahun (1991—2001).

1. Antonio Conte

Antonio Conte (Foto: Reuters)

Tak jauh berbeda dengan Guardiola, Antonio Conte juga sosok yang cukup sukses sebagai pesepak bola dan pelatih. Saat aktif bermain, Conte menjadi andalan di lini tengah Juventus dan Timnas Italia.

Ketimbang Guardiola, karier kepelatihan Conte bisa disebut lebih sulit. Pasalnya, pelatih asal Italia itu sempat menukangi beberapa tim medioker sebelum mulai dikenal publik karena berprestasi bersama Juventus. Kini, Conte berstatus sebagai pelatih Tottenham Hotspur. Sebelum melatih Tottenham, Conte pernah melatih Chelsea, Timnas Italia, dan Inter Milan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini