Share

20 Pemain Timnas Indonesia U-19 Belum Jalani Pertandingan di Liga 1 2022-2023, Shin Tae-yong Ngamuk?

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Jum'at 19 Agustus 2022 08:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 51 2650450 20-pemain-timnas-indonesia-u-19-belum-jalani-pertandingan-di-liga-1-2022-2023-shin-tae-yong-ngamuk-FOMllKm1RO.jpg Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. (Foto: Instagram/shintaeyong7777)

PELATIH Shin Tae-yong tak lama lagi akan segera memanggil para pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, yang akan bergulir pada 10-18 September 2022 mendatang. Namun, ada kabar buruk jelang pemanggilan tersebut karena sebanyak 20 pemain Timnas Indonesia U-19 dilaporkan belum menjalani pertandingan di Liga 1 2022-2023.

Seperti yang diketahui, Liga 1 2022-2023 saat ini sedang memasuki pekan kelima. Dari empat pertandingan yang sudah berlangsung, ada 20 pemain Timnas Indonesia U-19 yang justru sama sekali belum mendapatkan menit bermain di klubnya masing-masing.

Tentu hal tersebut menjadi sebuah kabar buruk, sebab seusai Piala AFF U-19 2022 berakhir di pertengahan Juli 2022, Shin Tae-yong berharap para pemainnya itu bisa tampil di Liga 1 2022-2023. Kompetisi tersebut dinilai akan membantu para pemain skuad Garuda Nusantara semakin berkembang.

Timnas Indonesia U-19

Kendati demikian, kenyataannya masih banyak klub-klub Liga 1 yang belum percaya memberikan menit bermain kepada para pemain muda Tanah Air tersebut. Alhasil, 20 pemain pun dianggurkan begitu saja.

Sebelumnya Shin Tae-yong sempat meluapkan rasa kecewanya kepada klub-klub di Liga 1. Ia merasa banyak pemain Timnas Indonesia U-19 yang memang sangat jarang diberikan kesempatan bermain.

Padahal bermain di liga akan membantu para pemain muda itu berkembang. Dengan memiliki jam terbang yang lebih banyak, maka Shin Tae-yong juga akan mempunyai pemain-pemain berpengalaman di Timnas Indonesia U-19.

Sejatinya tak hanya para pemain muda, Shin Tae-yong juga kesal dengan keputusan klub-klub di Liga 1 yang lebih banyak memainkan striker dan bek asing ketimbang pemain Indonesia. Karena hal tersebut, Shin Tae-yong mengaku kesulitan mencari striker tajam yang menjanjikan.

“Untuk kedepannya, Liga 1 harus membuat striker yang baik agar Timnas (Indonesia) banyak memiliki striker yang bisa mencetak gol. Saya menyayangkan pemain yang saya pilih dan bermain di Timnas Indonesia, malah tidak jadi pemain utama di klubnya,” kata Shin Tae-yong, dalam wawancara dengan akun youtube Sports 77, Jumat (19/8/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

“Sebenarnya tidak boleh ada budaya seperti itu (terlalu mengandalkan pemain asing). Itu harus dihilangkan agar nantinya penyerang-penyerang lokal bisa bersaing dengan pemain-pemain asing,” lanjut Shin Tae-yong.

Tentunya Shin Tae-yong sadar tak mudah untuk meyakinkan klub agar mulai percaya kepada para pemain lokal. Karena itulah ia meminta adanya kesadaran dari pihak federasi (PSSI), penyelenggara kompetisi (PT Liga Indonesia Baru), dan tentunya klub bahwa untuk membangun Timnas Indonesia yang kuat, maka harus dari kompetisi liga yang sehat.

“Kompetisi harus kuat, baru bisa menjadikan Timnas Indonesia yang kuat. Memang masalah paling besar di Liga Indonesia itu ada di sektor bek dan striker yang selalu diisi pemain asing,” tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

“Dari pembinaan usia dini juga seharusnya Indonesia bisa membuat penyerang yang baik, tetapi sampai sekarang nyatanya tidak bisa,” imbuh Shin Tae-yong.

Terlepas dari itu semua, Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 masih beberapa pekan lagi. Diharapkan klub-klub Liga 1 mulai untuk memainkan para pemain Timnas Indonesia U-19 yang belum mendapatkan menit bermain.

Berikut 20 Pemain Timnas Indonesia U-18 yang Belum Main di Liga 1 2022-2023:

Kiper:

Cahya Supriadi (Persija Jakarta)

Erlangga Setyo (Persis Solo)

Dimas Maulana (Persis Solo)

Yogi Hermawan (Barito Putera)

Bek:

Kadek Arel (Bali United)

Marcell Januar (Persis Solo)

Edgard Amping (PSM Makassar)

Gelandang:

Frezy Al Hudaifi (Bhayangkara FC)

Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya)

Ferdiansyah Cecep (Persib Bandung)

Dimas Juliono (Bhayangkara FC)

Raka Cahyana (Persija Jakarta)

Syahwal Ginting (Persija Jakarta)

Rafli Asrul (PSM Makassar)

Penyerang:

Hokky Caraka (PSS Sleman)

Ronaldo Kwateh (Madura United)

Alfriyanto Nico (Persija Jakarta)

Razza Fachrezi (Persija Jakarta)

Ricky Pratama (PSM Makassar)

Rabbani Tasnim (Borneo FC)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini