Share

Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia Optimistis Lolos Piala Dunia 2026, Berbanding Terbalik dengan Thailand

Krisna Octavianus, Okezone · Senin 15 Agustus 2022 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 51 2647880 media-vietnam-sebut-timnas-indonesia-optimistis-lolos-piala-dunia-2026-berbanding-terbalik-dengan-thailand-T5CsXPieQp.jpeg Timnas Indonesia disebut media Vietnam optimistis lolos Piala Dunia 2026. (Foto: PSSI)

MEDIA Vietnam, Soha Vn, menyebut Timnas Indonesia cukup percaya diri bisa bersaing untuk satu tiket Piala Dunia 2026. Tapi, sebaliknya Thailand malah pesimistis soal kans mereka mentas di Piala Dunia empat tahun lagi.

Piala Dunia 2026 akan diselenggarakan di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat. Pada Piala Dunia edisi tersebut, FIFA akan mengubah jumlah peserta menjadi 48, biasanya 32 tim.

Timnas Indonesia

Hal ini tentu meningkatkan peluang tim-tim Asia untuk lolos ke Piala Dunia. Sebab. FIFA menaikkan jatah atau slot untuk Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sebanyak 8 tiket otomatis dan 1 tiket diperebutkan lewat playoff.

Sebelumnya, FIFA hanya memberikan 4 tiket otomatis dan satu tiket lewat playoff antar benua. Tambahan tiket ini membuat negara-negara Asia Tenggara mencanangkan untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026.

Menurut Media Vietnam, Soha Vn, tim peringkat 155 dunia seperti Indonesia bermimpi masuk Piala Dunia seperti Vietnam, China, Uzbekistan, Irak, Oman, Uni Emirat Arab, dan Yordania.

Soha Vn menyebut tim-tim itu dinilai bisa bersaing dengan negara Asia langganan Piala Dunia. Karena jatah sangat terbuka dengan lebar.

Namun, pelatih Timnas Thailand, Mano Polking, malah pesimistis dengan peluang negaranya. Dikatakannya, jika ingin membuka harapan persaingan, Thailand yang menempati peringkat 21 Asia harus terlebih dahulu masuk 9 besar.

Timnas Indonesia

“Peningkatan kuota untuk Piala Dunia 2026 telah meningkatkan peluang untuk tim Asia Tenggara," kata Mano Polking.

"Namun, masih banyak kesulitan karena jika melihat peringkat dunia saat ini, tim Thailand jauh dari 9 besar di Asia. Tentu saja, memenangkan tiket ke putaran final Piala Dunia adalah tujuan masing-masing tim. Semua punya ambisi masing-masing," lanjut Mano Polking.

Mano Polking mengaku akan menjadikan Piala Asia 2023 sebagai acuan. Ia tidak mau berpikir terlalu jauh soal Piala Dunia.

“Yang penting lihat bagaimana hasil tim di Piala Asia tahun depan. Kita harus menentukan bagaimana posisi tim Thailand di Asia sekarang. Kita harus fokus ke Piala Asia. Buang jauh-jauh pikiran tentang Piala Dunia sekarang," tegasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini