Share

Disindir Usai Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF U-16 2022, Shin Tae-yong Dibela Fans Garis Keras

Hakiki Tertiari , Okezone · Minggu 14 Agustus 2022 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 14 51 2647491 disindir-usai-timnas-indonesia-u-16-juara-piala-aff-u-16-2022-shin-tae-yong-dibela-fans-garis-keras-vk1vyBCLcR.jpg Shin Tae-yong dibela netizen yang ada di TikTok (Foto: Instagram/@pssi)

PELATIH Timnas senior Indonesia, Shin Tae-yong dibela oleh fans garis keras, usai pria berpaspor Korea Selatan itu disindir karena belum juara bersama Timnas Indonesia. Sebagaimana diketahui sebelumnya, kabar soal Timnas Indonesia U-16 terus mencuat.

Di balik keberhasilan jadi juara Piala AFF U-16 2022, adapula kontroversi di baliknya. Salah satunya ketika pelatih kiper Timnas Indonesia U-16, Markus Horison menyindir soal kehebatan Timnas Indonesia U-16, yang berhasil juara bersama pelatih lokal.

TikTok Fans Garis Keras Bela Shin Tae-yong

Momen itu terjadi saat pengalungan medali kepada para pemain, pelatih, dan staf kepelatihan Timnas Indonesia U-16. Ketika mengantre untuk menerima medali, Pelatih Kiper Timnas Indonesia U-16 Markus Horison dan salah satu staf pelatih, yang tidak diketahui namanya, mengucapkan kalimat satir.

“Local pride, local pride!!!” ujar Markus Horison ke hadapan kamera televisi.

Ucapan Markus Horison itu ditangkap sebagai sindiran terhadap program naturalisasi di level Timnas Indonesia U-19 dan senior. Beberapa yang lain berspekulasi Markus Horison menyindir Shin Tae-yong yang merupakan pelatih asing.

Hal itu membuat warganet Tanah Air heboh. Bahkan, dikutip dari media sosial, TikTok denggan nama akun @informasi67, memperlihatkan perbandingan prestasi pelatih lokal yang berhasil bawa juara Timnas Indonesia dengan Shin Tae-yong.

“Hanya ada 4 trophy juara di Lemari kaca PSSI semuanya di hasilkan ‘Pelatih Lokal’,” tulis salah satu warganet.

Shin Tae-yong

Hal itu pun dibantah oleh warganet lainnya. Tampak salah satu netizen membela Shin Tae-yong, diduga dapat sindiran dari Markus Horison. Salah satu netizen menyebutkan bahwa hanya ada satu pelatih yang bisa membawa Timnas Indonesia ke Piala Asia dalam 10 tahun terakhir.

“Dalam 10 tahun terakhir, hanya ada 1 pelatih yang membawa Indonesia lolos ke Piala Asia, dia adalah SHIN TAE-YONG yang berasal dari Korea Selatan,” tulis salah satu netizen.

Terlepas dari pergunjingan itu, ada pula warganet yang membuat suasana netral. Menurut netizen tersebut hal-hal itu tidak perlu diperdebatkan lagi, agar tak menimbulkan perpecahan dalam sepakbola Timnas Indonesia.

“jadi intinya gini mending percaya ama satu pelatihan dan nggk usah banding bandingin pelatih lokal ama asing karna semua itu ada prosesnya dan usahany,” tulis akun @adambayu720, dalam komentar unggahan TikTok tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini