Share

Bukan Mengundurkan Diri, Ini Penyebab Berkas Naturalisasi Shayne Pattynama Belum Sejauh Jordi Amat dan Sandy Walsh

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Jum'at 12 Agustus 2022 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 51 2646638 bukan-mengundurkan-diri-ini-penyebab-berkas-naturalisasi-shayne-pattynama-belum-sejauh-jordi-amat-dan-sandy-walsh-UjxleOM1U5.jpg Shayne Pattynama segera bela Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@s.pattynama)

BUKAN mengundurkan diri, ini penyebab berkas naturalisasi Shayne Pattynama belum sejauh Jordi Amat dan Sandy Walsh. Menurut utusan PSSI yang dipercaya mengurusi proses naturalisasi pemain keturunan, Hamdan Hamedan, berkas naturalisasi Shayne Pattynama belum sejauh Jordi Amat dan Sandy Walsh karena diajukan lebih lambat ketimbang dua nama lain.

Saat ini, dokumen Jordi Amat dan Sandy Walsh tengah diproses di DPR. Sementara itu, dokumen Shayne Pattynama masih diproses di Sekretariat Negara (Setneg). Karena itu, proses naturalisasi Shayne Pattynama sedikit terlambat ketimbang Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Shayne Pattynama

(Berkas naturalisasi Shayne Pattynama masih diproses)

“Dokumen @jordiamat5 dan @sandywalsh sudah sampai DPR. Sementara itu, dokumen @s.pattynama sudah sampai di Kemensetneg,” kata Hamdan dilansir Instagram pribadinya, Jumat (12/8/2022).

“Shayne kan tiba di Indonesia dua sampai tiga minggu setelah Jordi dan Sandy. Sehingga memang ada beda waktu penyerahan dokumen. Insya Allah tak lama dokumen Shayne akan segera ke DPR RI,” tambah Hamdan.

Hamdan menambahkan saat ini DPR sedang reses hingga pertengahan Agustus 2022. Komisi X dan Komisi III akan mengadakan rapat dengan stakeholder soal permohonan naturalisasi usai reses.

“Perlu diketahui, DPR sedang reses sampai pertengahan Agustus. Semoga saja ketika para anggota dewan kembali ke DPR, permohonan naturalisasi ketiga pemain itu dapat segera dirapatkan,” harap Hamdan.

“Biasanya setelah rapat Komisi X (dan Komisi III) serta stakeholder terkait berlangsung dengan baik, maka akan ada sidang paripurna DPR. Kalau kita lihat ke proses Marc Klok sebelumnya, ada wawancara dengan DPR via Zoom,” sambung Hamdan.

Sandy Walsh dan Jordi Amat

(Sandy Walsh dan Jordi Amat segera bela Timnas Indonesia)

“Semoga saja ketiga pemain tersebut diizinkan hadir via Zoom karena saat ini musim kompetisi sudah bergulir sehingga agak sulit bila harus hadir di Indonesia. Dan juga baik untuk efisiensi, menurut hemat saya,” tegasnya.

Usai tiga pemain itu mengadakan wawancara via zoom melalui DPR, proses selanjutnya adalah menunggu Keputusan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Setelah itu, calon punggawa Timnas Indonesia akan mengucap sumpah sebagai WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM yang ditentukan.

“Calon pemain naturalisasi lalu menunggu terbitnya Keputusan Presiden sebelum dilanjutkan dengan sumpah atau janji sebagai WNI di kantor wilayah atau Kanwil Kemkumham yang ditunjuk,” ujar Hamdan.

Melihat kondisi sekarang, Jordi Amat dan Sandy Walsh lebih berpeluang mendapatkan status WNI lebih dulu ketimbang Shayne Pattynama. Dengan begitu, Jordi Amat dan Sandy Walsh bisa membela Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini