Share

Persebaya Surabaya vs Madura United: Aji Santoso Fokus Terapkan Latihan Antisipasi Bola Mati

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Jum'at 12 Agustus 2022 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 49 2646345 persebaya-surabaya-vs-madura-united-aji-santoso-fokus-terapkan-latihan-antisipasi-bola-mati-GLq6UWTcvE.jpg Sesi latihan Persebaya Surabaya jelang hadapi Madura United. (Foto: Instagram/officialpersebaya)

SURABAYA – Jelang melawan Madura United di laga pekan keempat Liga 1 2022-2023, Persebaya Surabaya mendapatkan latihan khusus untuk menangani bola-bola mati. Hal itu dikarenakan pelatih Persebaya, Aji Santoso menilai timnya terlalu mudah kebobolan dari skema bola mati.

Persebaya saat ini dinaungi statistik tidak sedap terkait bola mati. Di Liga 1 musim ini, Bajul Ijo -julukan Persebaya- kemasukan dua gol melalui bola mati.

Satu gol yang bersarang di gawang Persebaya berasal dari eksekusi penalti kala dibekuk Persikabo 1973 dengan skor 0-1. Lalu satu gol lainnya melalui tendangan bebas saat dikalahkan Bhayangkara FC lewat skor 0-1 juga.

Aji Santoso (Ilham Sigit/MPI)

Menariknya tak hanya di Liga 1, dua dari lima gol Persebaya di Piala Presiden 2022 juga berasal dari bola mati. Karena hal itulah Aji Santoso sadar bahwa skema antisipasi bola mati Persebaya masih jauh dari kata sempurna.

Aji Santoso pun tidak ingin kebobolan via bola mati menjadi kejadian yang berulang. Pelatih berusia 52 tahun itu kemudian menggenjot kemampuan antisipasi bola mati anak asuhnya.

“Kami fokus untuk evaluasi dari kelemahan di pertandingan sebelumnya, yaitu kemasukan dari bola free kick, jadi tadi kami latihan bola-bola mati,” kata Aji dilansir laman PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Jumat (12/8/2022).

“Jadi, kelemahan-kelemahan kemarin sudah kami perbaiki, mudah-mudahan di pertandingan berikutnya, momen bertahan dan menyerang menjadi sama baiknya,” tambahnya.

Selain lini belakang, Aji juga membenahi lini serang tim asuhannya. Pasalnya, Persebaya juga gagal mencetak gol dalam dua laga Liga 1 musim ini.

“Salah satu kendala kami adalah tidak ada si (Silvio) Junior ini, tadi saya evaluasi untuk latihan satu lawan satu dengan penjaga gawang,” imbuh Aji Santoso.

Sesi latihan Persebaya Surabaya

Sebagaimana diketahui, Silvio kini tengah mengalami cedera engkel. Pemain asal Brasil itu pun absen di laga terakhir kala Persebaya dikalahkan Bhayangkara dengan skor 0-1.

Pada pekan keempat Liga 1 2022-2023, Persebaya akan bertindak sebagai tim tuan rumah dan siap menyambut Madura United pada Minggu 14 Agustus 2022. Laga tersebut akan dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada pukul 16.00 WIB. (RNR)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini