Share

Daftar Top Skor Piala AFF U-16 2022: Muhammad Nabil Asyura Masih di Puncak!

Hakiki Tertiari , Okezone · Rabu 10 Agustus 2022 22:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 51 2645662 daftar-top-skor-piala-aff-u-16-2022-muhammad-nabil-asyura-masih-di-puncak-SsdKvOErSb.jpg Muhammad Nabil Asyura (17) masih jadi top skor Piala AFF U-16 2022 (Foto: PSSI)

DAFTAR top skor Piala AFF U-16 2022 sampai babak semifinal akan diulas dalam artikel ini. Salah satu penyerang Timnas Indonesia U-16, Nabil Asyura berhasil menjadi pemuncak pencetak gol terbanyak di Piala AFF U-16 2022.

Pemain bernomor punggung 17 itu sudah mengoleksi empat gol sampai saat ini. Nama Nabil Asyura pun bersaing dengan sejumlah nama lainnya, yaitu Sayfon Keohnam (Laos), Thanousack Nanthavongdouansy (Laos), Alexandro Lemos (Timor Leste), dan Tontawan Puntamunee (Thailand).

Timnas Indonesia U-16

Untuk nama terakhir yang disebutkan, Tontawan Puntamunee berhasil mencetak dua gol ketika bersua Timor Leste dan dua gol saat jumpa Brunei Darussalam. Akan tetapi, keempat pemain tersebut itu tidak bisa lagi mencetak gol. 

Sebab, kesempatan mereka mencetak gol sudah tertutup lantaran Laos, Timor Leste dan Thailand sudah tersingkir. Adapun Laos dan Timor Leste terhenti di penyisahn grup. Kemudian, Thailand gagal di semifinal.

Sebaliknya, Nabil Asyura berpotensi besar untuk mendulang gol kembali di partai final. Hal itu bisa dipastikan usai Timnas Indonesia U-16 melesat ke final usai mengandaskan Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022.

Ya, sebagaimana diketahui, melalui laga dramatis, Timnas Indonesia U-16 berhasil menyingkirkan Myanmar di semifinal. Skuad Garuda Asia mampu menang lewat adu penalti dengan skor 5-4.

Sebelumnya, laga tersebut berakhir imbang 1-1 di waktu normal. Timnas Indonesia U-16 sebenarnya kecolongan lebih dulu oleh Myanmar.

Salah satu pemain mereka, Nay Min Htet berhasil menjebol gawang Timnas Indonesia U-16 pada menit ke-43. Akan tetapi, Timnas Indonesia U-16 bisa membalas melalui Riski Afrisal pada menit ke-69 melalui tembakan bebasnya.

Nabil Asyura

Merujuk pada aturan turnamen, pertandingan pun dilanjutkan dengan babak adu penalti. Di babak penalti, sebanyak lima pemain Timnas Indonesia U-16 berhasil mengeksekusi penalti dengan baik. Sebaliknya, satu pemain Myanmar, Shine Wanna Aung gagal mencetak gol di babak adu penalti.

Alhasil Timnas Indonesia U-16 berhasil melaju ke final Piala AFF U-16 2022. Di partai puncak nanti, Timnas Indonesia U-16 bakal bersua Vietnam, yang mengalahkan Thailand dengan skor 2-0.

Di partai final yang berlangsung Jumat 12 Agustus 2022, Timnas Indonesia U-16 patut waspada. Sebab, dua pemain Vietnam, Hoang Cong Hau dan Phan Thanh Duc Thien, jadi motor serangan tim. Keduanya sudah mencetak dua gol sampai sejauh ini.

Berikut top skor Piala AFF U-16 2022 hingga babak semifinal:

4 Gol: Nabil Asyura (Timnas Indonesia U-16), Sayfon Keohanam dan Thanousack Nanthavongdouansy (Laos), Alexandro Lemos (Timor Leste), dan Tontawan Puntamunee (Thailand)

2 Gol: Hoang Cong HauPhan dan Thanh Duc Thien (Vietnam), Arkhan Kaka, Kafiatur Rizky dan Riski Afrisal (Timnas Indonesia U-16), Ayman Gulasi (Australia), dan Faris Mohd Asrul (Malaysia).

1 Gol: Hanif Ramadhan, Waliy Marifat, dan I Komang Ananta Krisna (Timnas Indonesia U-16), Kaung Khant Zaw (Myanamr), dan pemain lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini