Share

Demi Perkembangan, Ketum PSAI Rencanakan Gelar Liga Sepakbola Amputasi Indonesia 2023

Andika Rachmansyah, MNC Portal · Rabu 10 Agustus 2022 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 51 2645506 demi-perkembangan-ketum-psai-rencanakan-bikin-liga-sepakbola-amputasi-indonesia-Su80fzav44.jpg Ketum PSAI rencanakan gelar Liga Sepakbola Amputasi Indonesia tahun depan (Foto: Instagram/@inaf_official)

KETUA Umum (Ketum) Federasi Sepakbola Amputasi Indonesia (PSAI), Yudha Yahya mengatakan saat ini ia dan jajarannya tengah menggodok rencana pembuatan Liga Sepakbola Amputasi Indonesia. Hal itu ditujukan agar perkembangan sepakbola amputasi di Indonesia tak kalah bersaing dengan negara lain.

Soal itu, Yudhi Yahya sendiri menargetkan ajang tersebut bergulir pada 2023 mendatang. Dengan demikian, pesepakbola amputasi di Indonesia punya wadah, yang diurus secara profesional dan pembibitan di masa mendatang.

Ketum PSAI

Seperti diketahui sebelumnya, Indonesia tidak memiliki kompetisi sepakbola amputasi. Berawal dari sana, muncul ide untuk menggelar Liga Sepakbola Amputasi di Tanah Air.

Apalagi, saat ini Timnas Sepakbola Amputasi Indonesia berhasil melaju ke Piala Dunia Amputasi 2022. Nantinya ajang tersebut akan berlangsung di Turki pada 1-9 Oktober 2022.

Dengan adanya prestasi itu tentu semakin menggairahkan dunia sepakbola, khususnya untuk para pemain yang berkebutuhan khusus. Lebih lanjut, Yudhi Yahya mengatakan kalau mereka punya target menggulirkan kompetisi tersebut pada tahun depan. Bahkan, sebelum itu mereka juga memiliki turnamen pramusim yang diklaim telah siap untuk digelar.

"Tahun 2023 target kami akan menggulirkan Liga Sepakbola Amputasi di Indonesia, mempersiapkan ada beberapa provinsi yang sudah siap ditingkat kabupaten, kota, provinsi. Seperti Piala Gubernur DKI Jakarta, kemudian akan ada Piala Bupati Jember yang akan diselenggarakan 2023," kata Yudhi Yahya kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (10/8/2022).

Lebih jauh, Yudhi Yahya mengatakan kalau saat ini proses yang mereka lakukan berjalan ke arah yang baik. Dirinya juga berharap pihak swasta bisa membantu menggelar kompetisi Liga Sepakbola Amputasi di Indonesia.

Timnas Sepakbola Amputasi Indonesia

"Proses yang kami lakukan cukup memuaskan untuk bergulirnya Liga ini, kami akan coba komunikasi dengan pihak swasta untuk bergulirnya kompetisi," ungkapnya.

Perlu diketahui, Indonesia untuk pertama kalinya berhasil mentas di Piala Dunia Amputasi 2022. Nantinya akan ada 24 tim atau negara yang akan berkompetisi di ajang tersebut. Sementara itu, Garuda INAF terrgabung dalam Grup C bersama dengan tim kuat lainnya, yaitu Ingris, Argentina dan Amerika Serikat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini