Share

Statistik Terbukti Gacor Selama 2022, Shin Tae-yong Tak Pantas Digeser dari Jabatan Pelatih Timnas Indonesia!

Krisna Octavianus, Okezone · Rabu 03 Agustus 2022 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 03 51 2641126 statistik-terbukti-gacor-selama-2022-shin-tae-yong-tak-pantas-digeser-dari-jabatan-pelatih-timnas-indonesia-niqZGIIQGM.jpg Shin Tae-yong punya statistik gacor selama 2022 dan itu bukti untuk tida dilengserkan dari jabatan pelatih kepala Timnas Indonesia. (Foto: instagram/shintaeyong7777)

PENAMPILAN impresif Timnas Indonesia akhir-akhir ini di bawah asuhan Shin Tae-yong membuat penggemar sepak bola nasional sedikit bernapas lega. Apalagi statistik terbukti gacor pada 2022, membuat ia tidak pantas digeser dari jabatannya sebagai pelatih kepala Timnas Garuda.

Sempat beredar isu bahwa Shin Tae-yong akan didepak dari kursi kepelatihan Timnas Indonesia senior. Ia diminta beberapa pihak untuk fokus menangani Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 pada 2023.

Namun, penampilan apik anak asuhnya di kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait menjadi bukti sahih dirinya layak menangani Timnas Indonesia senior. Skuad Garuda dibawanya tampil di kancah Asia setelah terakhir kali lolos ke Piala Asia pada 2007.

Shin Tae-yong bukan pelatih sembarangan, sudah kaliber dunia. Ia memimpin Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 dan mengalahkan Timnas Jerman di fase grup.

Catatan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia pada 2022 ini patut disyukuri. Perlahan tapi pasti, ia membenahi sisi mental pemain dan berefek pada penampilan skuad di atas lapangan.

Sekarang, mari perhatikan statistik gacor milik Shin Tae-yong selama 2022:

1. Ranking Timnas Indonesia Naik

Shin Tae-yong

Menjadi runner-up Piala AFF 2020 dan menghajar Timor Leste dua kali di ajang FIFA Matchday pada Januari 2022, membuat ranking Indonesia naik ke peringkat 160.

Peringkat 160 membuat Timnas Indonesia melewati Singapura. Alhasil, Timnas Indonesia masuk ke pot 3 babak kualifikasi Piala Asia 2023, sehingga mendapatkan lawan relatif mudah saat itu.

2. Mengimbangi Thailand di Leg Kedua Final Piala AFF 2020

Timnas Indonesia

Nama turnamennya memang Piala AFF 2020, tapi final leg kedua digelar pada awal tahun 2022. Timnas Indonesia kala itu tampil luar biasa meski kalah 0-4 pada leg pertama.

Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Thailand dengan skor 2-2. Sebagai catatan, Thailand menurunkan pemain yang sama seperti leg pertama meski sudah unggul agregat 4-0.

3. Lebih Baik dari Luis Milla

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong selalu dibanding-bandingkan dengan pendahulunya, Luis Milla. Penggemar sepak bola Indonesia memang disajikan penampilan atraktif saat Timnas Indonesia dilatih Luis Milla.

Namun, statistik Shin Tae-yong lebih baik dibanding Milla. Meski sama-sama hanya mampu mempersembahkan medali perunggu di ajang SEA Games, tapi catatan gol milik Shin Tae-yong lebih baik, yakni 11 gol dari empat pertandingan berbanding tujuh milik Luis Milla.

Di level senior, Shin Tae-yong juga punya rekor lebih apik dengan tiga kali menang, satu kali kalah, dan satu hasil imbang dari lima laga persahabatan.

Sementara itu, Luis Milla dalam meraih dua kemenangan, dua kali imbang, dan dua kekalahan dari enam laga.

4. Menang atas Kuwait, Memutus Kutukan 42 Tahun

Timnas Indonesia

Kuwait memang sering jadi momok bagi Timnas Indonesia. 42 tahun atau sejak 1980, Skuad Garuda gagal menang atas negara yang berada di Teluk Persia tersebut.

Namun, Shin Te-yong berhasil memutus kutukan itu. Hal itu terjadi dalam laga kualifikasi Piala Asia 2023 pada awal Juni 2022. Kuwait yang notabene bertindak sebagai tuan rumah malah kalah 1-2 dan hasil tersebut memuluskan jalan Indonesia ke Piala Asia 2023.

(ADP)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini