Share

Penyebab 3 Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia U-19 Tak Dilanjut Prosesnya

Tim Okezone, Okezone · Kamis 21 Juli 2022 06:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 51 2633415 penyebab-3-calon-pemain-naturalisasi-timnas-indonesia-u-19-tak-dilanjut-prosesnya-GXUsrydQbb.JPG PSSI masih berburu pemain keturunan untuk Timnas Indonesia U-19 (Foto: MPI/Aldhi Chandra)

TIMNAS Indonesia U-19 sempat diperkuat oleh tiga pemain keturunan dalam pemusatan latihan (TC) jelang Piala AFF U-19 2022. Ketiga pemain keturunan itu adalah Kai Boham, Jim Croque, dan Max Christoffel.

Namun, kualitas mereka dianggap belum layak oleh Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. Meski begitu, belum diketahui apakah ketiga pemain itu akan mendapatkan kesempatan lagi atau tidak ke depannya.

Jim Croque (Foto: Instagram/@j.croque9)

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, ingin calon pemain naturalisasi untuk Timnas Indonesia U-19 segera ditentukan. Dia meminta daftar finalnya pada Agustus mendatang.

"Terkait naturalisasi ini, Iriawan meminta nama calon pemain naturalisasi harus sudah final pada bulan Agustus. Sebab, tiga pemain yang sudah ikut pemusatan latihan U-19 dianggap Shin Tae Yong belum layak," tulis PSSI.

Shin Tae-yong memang mencari pemain keturunan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19. Sebab, Garuda Nusantara akan mentas di ajang besar, yaitu Piala Dunia U20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia.

Persaingan di Piala Dunia U-20 tentu amat ketat. Apalagi, Timnas Indonesia U-19 akan bersaing dengan tim-tim yang memiliki keunggulan dari sisi fisik, seperti Eropa, Amerika Latin, dan Afrika.

Demi berbicara banyak di Piala Dunia U-20, memiliki pemain keturunan berkualitas adalah salah satu solusi untuk Timnas Indonesia U-19. Oleh sebab itu, perburuan pemain keturunan terus dilakukan.

Perburuan itu kemungkinan besar berjalan seiring TC Timnas Indonesia U-19 yang rencananya akan berlangsung di Belanda. Negeri Kincir Angin dipilih karena terdapat banyak pemain keturunan Indonesia di sana.

Mochamad Iriawan (Foto: MPI/Cikal Bintang)

"Di Belanda banyak pemain yang memiliki darah Indonesia. Akan lebih mudah kita melakukan pemusatan latihan (TC) di Belanda ketimbang di negara lainnya. Sebab kita bisa melihat langsung pemain yang kita inginkan," ujar Iriawan.

Persiapan Timnas Indonesia U-19 tengah digalakkan demi mendapatkan hasil terbaik di Piala Dunia U-20 nanti. Sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia U-19 diharapkan dapat menuai hasil yang membanggakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini