Share

5 Klub J League yang Pernah Memakai Pemain Indonesia, Nomor 1 Main di J2 League

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Rabu 20 Juli 2022 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 20 51 2633193 5-klub-j-league-yang-pernah-memakai-pemain-indonesia-nomor-1-main-di-j2-league-NXht86S9U1.jpg 5 Klub J League yang Pernah Memakai Pemain Indonesia. (Foto: Instagram/tokyo_verdy)

5 Klub J League yang pernah memakai pemain Indonesia dapat Anda ketahui di artikel ini. Liga Jepang saat ini menjadi semakin terkenal di kalangan para pencinta sepakbola Tanah Air semenjak pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Pratama Arhan bergabung dengan Tokyo Verdy.

Untuk yang belum tahu, Tokyo Verdy sendiri merupakan klub Jepang yang bermain di divisi kedua kompetisi sepakbola Negeri Sakura tersebut. Namun, tahukah Anda bahwa Pratama Arhan bukanlah yang pertama bermain di Tanah Jepang?

Tercatat ada berbagai klub Jepang atau J League yang pernah merekrut pemain dari Indonesia. Lantas klub mana saja?

Berikut 5 Klub J League yang Pernah Memakai Pemain Indonesia:

5. AC Nagano Parceiro

Ryu Nugraha

Ryu Nugraha adalah pemain berdarah Indonesia yang lahir dan besar di Jepang. Karena hal tersebut ia pun memulai karier sepakbolanya di negeri Sakura dengan bermain sebagai kiper.

Ryu Nugraha saat ini bermain untuk AC Nagano Parceiora, klub yang bermain di kasta ketiga Liga Jepang atau J3 League.

4. Ventforet Kofu

Irfan Bachdim tercatat menjadi pemain Indonesia kesekian yang pernah bermain di Liga Jepang. Ia bahkan pernah merasakan bermain di dua klub saat berada di Negeri Sakura tersebut.

Tepatnya Bachdim pernah main untuk Ventforet Kofu dan Hokkaido Consadole Sapporo. Bersama Kofu, penampilan Bachdim bisa dikatakan mengecewakan karena ia hanya dipercaya bermain tiga pertandingan saja di 2014. Karena hal tersebut ia memutuskan pindah ke Hokkaido Consadole.

3. Hokkaido Consadole Sapporo

Semusim bermain Kofu, Bachdim lantas pindah ke Consadole. Dengan klub barunya tersebut, Bachdim pun memiliki pengalaman yang lebih baik karena dipercaya bermain di 10 pertandingan di Liga Jepang dan bertahan selama dua musim.

Menariknya, selain Bachdim, Stefano Lilipaly juga pernah bermain untuk Hokkaido Consadole. Ia tepatnya hadir sebelum Bachim bergabung alias pada musim 2014. Sayangnya Lilipaly gagak tampil baik di klub Jepang tersebut dan memutuskan kembali ke Belanda.

2. Gamba Osaka

Ricky Yacobi

Legenda sepakbola Indonesia, Ricky Yacobi adalah pesepakbola Indonesia pertama yang bermain di Liga Jepang. Momen itu terjadi pada 1988, Ricky Yacobi yang kala itu tampil luar biasa bersama Arseto Solo membuat klub Jepang, Matsushita Electric FC tertarik kepadanya.

Sekadar informasi Matsushita Electric berganti nama menjadi Gamba Osaka ketika J League terbentuk. Namun, karier Ricky di Matsushita Electric tak berjalan baik karena dari enam laga yang dimainkan, ia hanya bisa mencetak satu gol.

Ricky Yacobi ternyata kesulitan beradaptasi dengan cuaca dingin di Jepang. Cedera juga menghambat Ricky untuk tampil baik saat bermain di Jepang.

1. Tokyo Verdy

Pratama Arhan

Tokyo Verdy menjadi klub Jepang terbaru yang berhasil merekrut pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan. Tokyo Verdy tepatnya merekrut Pratama dari PSIS Semarang pada 1 Maret 2022.

Tokyo Verdy tampaknya kepincut dengan penampilan apik Pratama saat berhasil mengantarkan Timnas Indonesia menjadi runner-up di Piala AFF 2020 yang berlangsung pada akhir Desember 2021 lalu.

Penampilan apik Pratama pun tak terlepas dari kepercayaan Shin Tae-yong kepadanya di Timnas Indonesia. Pratama bisa dikatakan menjadi salah satu pemain andalan Shin Tae-yong saat di Piala AFF 2020, bahkan sampai sekarang ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini