Share

Takut Timnas Indonesia Pindah ke EAFF, AFF Janjikan Pasukan Shin Tae-yong Masuk Pot 1 Drawing Piala AFF 2022?

Tim Okezone, Okezone · Senin 18 Juli 2022 21:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 51 2631882 takut-timnas-indonesia-pindah-ke-eaff-aff-janjikan-pasukan-shin-tae-yong-masuk-pot-1-drawing-piala-aff-2022-0wKwdEHoCa.jpeg AFF disebut janjikan pot 1 untuk Timnas Indonesia di drawing Piala AFF 2022 (Foto: PSSI)

FEDERASI Sepakbola Asia Tenggara (AFF) tampaknya takut Timnas Indonesia benar-benar pindah ke Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF). Hal itu diketahui dari laporan media Vietnam, The Thao 247, yang memuat artikel jika AFF sudah menyiapkan Timnas Indonesia di pot 1 drawing Piala AFF 2022.

Sebagaimana diketahui, isu kepindahan Timnas Indonesia dalam hal ini Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) ke bawah naungan EAFF mencuat beberapa waktu terakhir. Hal itu tak lain merupakan dampak dari indikasi sepakbola gajah yang diperlihatkan Timnas Vietnam U-19 saat bersua Timnas Thailand U-19 di laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia U-19

Ketika itu, pertandingan yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan Jakarta pada Minggu, 10 Juli 2022 terlihat seperti sepakbola gajah. Di mana Vietnam dan Thailand terlihat main mata atau cari aman di 10 menit terakhir karena tak melakukan serangan apapun.

Dugaan praktik sepakbola gajah itu membuat PSSI melayangkan protes kepada AFF. Akan tetapi, AFF belum menjawab surat protes dari PSSI terkait hal tersebut.

Di sisi lain, pecinta sepakbola Tanah Air terus mendesak Timnas Indonesia pindah ke EAFF. Dengan harapan level sepakbola Timnas Indonesia bisa meningkat karena bersaing dengan negara yang ada di bawah naungan EAFF, seperti Jepang, Korea Selatan, hingga China.

Alih-alih menjawab surat protes PSSI, AFF dikabarkan oleh The Thao 247, mengambil tindakan dengan menaruh Timnas Indonesia di pot 1 drawing Piala AFF 2022, yang bakal berlangsung pada Agustus 2022. Sebelum melakukan drawing, AFF bakal menentukan pot atau pembagian tim unggulan.

Dalam penilaian The Thao 247, Timnas Indonesia berpotensi masuk pot 1. Sebab, dalam tiga edisi terakhir Piala AFF (2016, 2018 dan 2020), skuad Garuda dua kali masuk final.

Suporter Timnas Indonesia

(Suporter Timnas Indonesia)

“Sesuai regulasi, penentuan pot drawing Piala AFF didasarkan performa masing-masing tim di tiga turnamen terakhir. Karena itu, baru Thailand yang ditempatkan di pot 1 karena dua kali juara dalam tiga edisi terakhir,” tulis The Thao 247 dalam laporannya.

“Sementara itu, satu slot pengisi pot 1 bakal diisi antara Vietnam atau Indonesia. Vietnam merupakan juara Piala AFF 2018, namun Indonesia dua kali lolos ke final (2016 dan 2018). Karena itu, menurut Sekjen Federasi Sepakbola Thailand (FAT), Patit Suphapong, Vietnam dan Thailand berpotensi tergabung di grup yang sama,” timpal The Thao 247.

Lantas, bagaimana sikap AFF terkait surat protes tersebut? Tentu kabar ini menarik untuk diikuti perkembangannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini