Share

5 Manajer Terbaik yang Berperan dalam Karier Cristiano Ronaldo, Nomor 1 Paling Berjasa

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Senin 18 Juli 2022 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 51 2631838 5-manajer-terbaik-yang-berperan-dalam-karier-cristiano-ronaldo-nomor-1-paling-berjasa-LPyymAj9VQ.jpg 5 Manajer Terbaik yang Berperan dalam Karier Cristiano Ronaldo. (Foto: Reuters)

5 Manajer terbaik yang berperan dalam karier Cristiano Ronaldo menarik untuk dibahas. Cristiano Ronaldo telah lama melanglang buana dalam dunia sepakbola.

Tak heran jika sepanjang kariernya, Ronaldo pernah bekerja bersama 13 manajer yang berbeda, empat di antaranya adalah manajer Timnas Portugal. Namun, dari banyaknya manajer yang pernah bekerja dengan Ronaldo, setidaknya ada 5 yang terbaik.

Berikut adalah 5 manajer terbaik yang berperan dalam karier Cristiano Ronaldo:

1. Sir Alex Ferguson - Manchester United

Sir Alex Ferguson bersama Cristiano Ronaldo

Siapa tak mengenal nama pelatih legendaris yang satu ini? Kehadiran Sir Alex Ferguson bagaikan sosok ayah bagi sang mega bintang pada awal kariernya.

Sebelum Ronaldo menjadi megabintang, Sir Alex telah mengajarinya banyak hal saat keduanya masih bekerja sama di Manchester United. Mulai dari menanamkan rasa percaya diri, memaksimalkan kemampuan kaki agar lebih cepat, serta keterampilan dalam mengontrol bola.

Sir Alex Fergusion bahkan memberinya jersey ikonik dengan nomor 7 sebagai penyemangat. Tak heran jika Ronaldo pernah mengatakan jika Sir Alex Fergusion telah mengajarinya segalanya.

2. Carlo Ancelotti - Real Madrid

Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti adalah manajer Christiano Ronaldo kala merumput di Real Madrid. Saat itu Ancelotti memberikan dukungan pada Ronaldo untuk keluar dari zona nyamannya dan bermain sebagai penyerang tengah.

Pada sistem permainan yang baru ini Carlo membuat hasil yang bagus. Carlo dan Ronaldo bahkan membawa Real Madrid meraih Liga Champions 2013-2014 yang sangat spesial karena itu gelar ke-10 Los Blancos atau yang akrab disebut La Decima.

3. Jose Mourinho - Real Madrid

Jose Mourinho

Jose Morinho dan Christiano Ronaldo sama-sama berdarah Portugal, sehingga keduanya terasa memiliki koneksi yang baik. Hubungan keduanya berbuah manis untuk saat bekerja sama di Madrid. Bahkan, selama berkarier bersama Jose Morinho, Ronaldo mampu menorehkan 168 gol dan 49 asist dari 164 pertandingan.

4. Zinedine Zidane - Real Madrid

Zinedine Zidane bersama Cristiano Ronaldo

Kerjasama yang terjalin antara Zidane dan Ronaldo membuahkan hasil yang manis. Real Madrid kala itu berhasil meraih tiga trofi Liga Champions secara beruntun.

5. Fernando Santos - Timnas Portugal

Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santosa

Fernando Santos menangani Ronaldo di Timnas Portugal sejak 2014. Meski sebelumnya Ronaldo pernah dilatih tiga pelatih lainnya, namun bersama Santos, Ronaldo berhasil membawa Timnas Portugal berjaya.

Timnas Portugal saat itu berhasil meraih piala Euro 2016 dan Nations League 2019. Ronaldo pun mencetak 51 gol dalam 56 pertandingan.

Demikian 5 Manajer Terbaik yang Berperan dalam Karier Cristiano Ronaldo.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini