Share

5 Pelatih Lokal yang Pernah Bikin Timnas Indonesia Disegani, Nomor 1 Hampir Lolos ke Piala Dunia!

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2022 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 05 51 2624039 5-pelatih-lokal-yang-pernah-bikin-timnas-indonesia-disegani-nomor-1-hampir-lolos-ke-piala-dunia-VdyLJKTqP6.jpg Berikut 5 pelatih lokal yang pernah bikin Timnas Indonesia disegani. (Foto: AFF)

SEBANYAK 5 pelatih lokal yang pernah bikin Timnas Indonesia disegani akan dibahas dalam artikel ini. Saat ini, prestasi Timnas Indonesia pelan-pelan terkerek di bawah asuhan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Namun, beberapa tahun lalu, pelatih lokal juga sempat membuat Timnas Indonesia disegani, bukan hanya di Asia Tenggara tapi juga Asia. Lantas, siapa saja pelatih yang dimaksud?

Berikut 5 Pelatih Lokal yang Pernah Bikin Timnas Indonesia Disegani:

5. Danurwindo

Danurwindo

Danurwindo merupakan pelatih pertama yang membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia, tepatnya pada 1996. Saat itu, Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 1996 setelah mengungguli Malaysia dan India di babak kualifikasi.

Di putaran final, Danurwindo juga sanggup membawa Timnas Indonesia menahan salah satu kekuatan Asia saat itu, Kuwait, dengan skor 2-2. Sayangnya di dua laga lain di fase grup, Timnas Indonesia kalah 2-4 dari Korea Selatan ditumbangkan Uni Emirat Arab 0-2.

4. Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan berjaya di level U-23, bukan senior. Ia ditunjuk menangani Timnas Indonesia U-23 untuk mempersiapkan diri bertanding di SEA Games 2011 yang digelar di Tanah Air.

Rahmad Darmawan mengantarkan skuad Garuda Muda melangkah jauh. Berbekal pemain berbakat seperti Titus Bonai dan Patrich Wanggai di lini depan, serta Egy Melgiansyah dan Ramdani Lestaluhu di lini tengah, ia membawa skuad Garuda Muda mencapai final, sebelum akhirnya kalah dari Malaysia di pertandingan puncak.

Seusai menukangi skuad Garuda di SEA Games 2011, ia kembali mendapat tugas memimpin Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2013. Lagi-lagi, Rahmad Darmawan membawa timnya melangkah jauh di SEA Games 2013. Sayangnya, lagi-lagi medali perak yang didapat. Saat itu, Timnas Indonesia U-23 kalah 0-1 dari Thailand di partai puncak.

3. Endang Witarsa

Endang Witarsa

Endang Witarsa adalah nama besar di balik kesuksesan Timnas Indonesia era 1970-an. Sejumlah prestasi Timnas Indonesia diraih di bawah asuhannya. Sebut saja Kings Cup di Thailand pada 1968 dan Merdeka Games yang digelar di Malaysia pada 1970.

Pemain-pemain legendaris Indonesia yang pernah dilatihnya adalah Iswadi Idris dan Ronny Pattinasarani. Endang Witarsa dikenal sebagai pelatih yang memiliki tangan dingin untuk melahirkan pemain hebat.

2. Bertje Matulapelwa

Bertje Matulapelwa

Bertje Matulapelwa mencetak sejarah. Ia menjadi pelatih pertama yang membawa Timnas Indonesia merebut medali emas SEA Games, tepatnya pada 1987.

Selain itu, ia juga meloloskan Timnas Indonesia ke semifinal Asian Games 1986! Pelatih yang satu ini bisa dibilang pelatih lokal terbaik yang pernah membesut Timnas Indonesia.

1. Sinyo Aliandoe

Sinyo Aliandoe

Sinyo Aliandoe nyaris membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 1986 di Meksiko. Kala itu, Timnas Indonesia mengungguli India, Thailand dan Bangladesh di kualifikasi.

Alhasil, Timnas Indonesia menghadapi Korea Selatan di babak kedua. Sayangnya, di babak ini Indonesia kalah agregat 1-6 dari Korea Selatan.

Padahal, jika menang atas Korea Selatan, Timnas Indonesia berpeluang lolos ke Piala Dunia 1986. Sebab, di babak terakhir, Timnas Indonesia bakal menghadapi Jepang, yang mana secara kualitas kedua tim masuk kategori berimbang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini