Share

Jordi Amat Resmi Gabung Klub Malaysia JDT, Muncul Petisi Batalkan Naturalisasinya untuk Bela Timnas Indonesia

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 51 2620686 jordi-amat-resmi-gabung-klub-malaysia-jdt-muncul-petisi-batalkan-naturalisasinya-untuk-bela-timnas-indonesia-Ron6vlLHT0.jpg Jordi Amat resmi bergabung ke klub Malaysia, Johor Darul Takzim. (Foto: Instagram/@johorsoutherntigers)

JAKARTA – Resminya Jordi Amat berlabuh ke klub Malayia, Johor Darul Tazim (JDT), mengundang reaksi besar dari publik Tanah Air. Bahkan, muncul petisi yang meminta proses naturalisasi Jordi Amat untuk membela Timnas Indonesia dibatalkan.

Pada Rabu (29/6/2022), Jordi Amat diperkenalkan sebagai pemain baru JDT lewat media sosial klub. Dalam sebuah video perkenalannya, Jordi Amat terlihat memakai jersey JDT dengan nomor punggung 55.

Jordi Amat

Itu berarti, pemain berusia 30 tahun itu bergabung dengan status bebas transfer ke JDT. Pasalnya, kontraknya dengan klub sebelumnya di Liga Belgia, KAS Eupen, telah habis dan tidak diperpanjang lagi.

BACA JUGA: Beri Klarifikasi, Jordi Amat Blak-blakan Ungkap Penyebabnya Gabung JDT

Keputusan Jordi Amat untuk berkarier di Negeri Jiran pun mendapat respons buruk dari pencinta sepakbola Tanah Air. Banyak yang menilai seharusnya dia terus merumput di Eropa agar kualitas permainannya terjaga.

Selain itu, hal tersebut juga membuat eks penggawa Swansea City itu sudah tak lagi masuk kriteria pemain naturalisasi yang diinginkan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY). Seperti diketahui, juru taktik asal Korea Selatan itu hanya ingin menaturalisasi pemain keturuan Indonesia yang merumput di Eropa.

BACA JUGA: Setuju Proses Naturalisasi Jordi Amat Dibatalkan, Ketua Komisi X DPR RI Beberkan Alasannya

Kekesalan netizen itu pun dituangkan dalam sebuah petisi yang mendukung untuk membatalkan naturalisasi Jordi Amat. Dalam petisi itu, dijelaskan juga bahwa Jordi Amat memanfaatkan status naturalisasinya untuk kepentingan pribadinya dengan JDT.

"Jordi Amat telah resmi bergabung dengan klub Malaysia Johor Darul Taqzim, yang berarti Jordi Amat tidak lagi menjadi kriteria STY sebagai pemain naturalisasi," bunyi pernyataan petisi itu di laman change.org.

"Amat menolak klub Eropa dari Yunani dan Rusia demi bergabung JDT. JDT dan Jordi Amat sengaja memanfaatkan paspor Indonesia untuk mengisi slot pemain asing ASEAN yang berarti Jordi Amat memanfaatkan Naturalisasi sebagai kepentingan pribadi. Ayo tanda tangani petisi ini, Batalkan Naturalisasi Jordi Amat!” lanjutnya.

Petisi tersebut pun mendapat dukungan yang sangat banyak dari netizen Tanah Air. Hingga Rabu (29/6/2022) pukul 21.00 WIB, sudah ada 11.679 orang yang telah menandatanganinya.

Jordi Amat sendiri saat ini memang tengah menjalani proses naturalisasi bersama dua pemain keturunan lainnya, yakni Sandy Walsh dan Shayne Pattynama. Mereka bertiga pun telah berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Jordi Amat

Exco PSSI, Hasani Abdulgani, mengatakan bahwa proses naturalisasi ketiganya sudah selesai melewati Sekretariat Negara dan kemudian prosesnya akan melibatkan Presiden dan DPR RI. Namun, dengan adanya petisi tersebut, bisa jadi pembatalan naturalisasi Jordi Amat dilakukan karena banyaknya masyarakat yang kurang setuju dengan keputusannya pindah ke JDT.

Kendati demikian, pihak PSSI sendiri telah mengatakan bahwa semua keputusan ada di tangan Shin Tae-yong, apakah Jordi Amat bakal tetap dinaturalisasi atau tidak. Kini, patut ditunggu bagaimana kelanjutan kabar ini selanjutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini