Share

Setuju Proses Naturalisasi Jordi Amat Dibatalkan, Ketua Komisi X DPR RI Beberkan Alasannya

Cikal Bintang, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 20:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 51 2620652 setuju-proses-naturalisasi-jordi-amat-dibatalkan-ketua-komisi-x-dpr-ri-setuju-beberkan-alasannya-z8yqbVzDbo.jpg Jordi Amat resmi bergabung ke klub Malaysia, Johor Darul Takzim. (Foto: Instagram/@johorsoutherntigers)

JAKARTA – Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda, menyampaikan pernyataan menohok karena ingin proses naturalisasi calon pemain Timnas Indonesia, Jordi Amat, dibatalkan. Kini, Syaiful Huda pun secara blak-blakan menyampaikan alasannya mengeluarkan pernyataan itu.

"Saya setuju naturalisasi Jordi Amat dibatalkan. Kita minta STY (Shin Tae-yong) dan Kemenpora bersikap tegas," tulis Syaiful dalam unggahan di instagram pribadinya (@syaifulhooda), Rabu (29/6/2022).

Jordi Amat

Mencari jawaban atas pernyataan itu, MNC Portal Indonesia (MPI) langsung menghubungi Syaiful untuk meminta tanggapan. Kepada MPI, Syaiful mengaku gerah dengan proses naturalisasi Jordi Amat.

BACA JUGA: Jordi Amat Resmi Gabung JDT, Ketua Komisi X DPR RI Setuju Proses Naturalisasinya Dibatalkan

Tidak hanya itu, ia juga mengkritik perihal proses naturalisasi yang terlalu sering. Menurutnya, semua pihak harus mengerti bahwa proses naturalisasi tidak bisa dilakukan sembarangan.

"Ya, memang pertama konsen kita itu jangan sampai naturalisasi jadi barang 'murah'. Jadi, harus ada pembatasan (naturalisasi), itu harus jadi perhatian semua pihak," kata Syaiful kepada MNC Portal Indonesia melalui sambungan telefon, Rabu (29/6/2022).

BACA JUGA: Blak-blakan, Jordi Amat Ungkap Penyebabnya Pilih Gabung Klub Malaysia JDT

"Terlebih, naturalisasi di sepakbola. Kasus Jordi ini memberikan contoh kepada kita betapa proses naturalisasi itu harus benar-benar dipertimbangkan sebelum diajukan," sambungnya.

"Saya lebih setuju pembinaan dini, naturalisasi itu kan jangka pendek. Yang kita butuhkan itu kan jangka panjang. Itu yang saya maksud di status IG, karena jangka panjangnya tidak jelas seolah-olah kita harus terus naturalisasi. Itu kan enggak sehat," tambahnya.

"Kalau untuk kebutuhan jangka panjang sih oke, sebagaimana saya juga oke dengan yang sebelumnya," tambahnya lagi.

Lebih lanjut, Syaiful meminta kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Shin Tae-yong secara tegas membatalkan proses naturalisasi Jordi Amat. Ia juga mengaku DPR belum menerima surat ajuan untuk naturalisasi itu.

"Maka dari itu, karena kita masih dalam proses, kita meminta kepada STY, Kemenpora, dan PSSI untuk membatalkan proses naturalisasi Jordi. Saya kira itu perlu," tegasnya.

Jordi Amat

"Karena secara proses belum berjalan. DPR juga belum menerima surat ajuan untuk permohonan naturalisasi, baik dari Komisi III maupun Komisi X," ujarnya.

Di sisi lain, Jordi Amat baru saja diperkenalkan klub Malaysia, Johor Darul Tazim (JDT), sebagai pemain barunya. Hal ini menimbulkan kontroversi karena sebelumnya diketahui Jordi Amat sudah diminta tetap bermain di Eropa oleh PSSI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini