Share

Penyerang Jebolan Piala AFF U-19 Jadi Pemain Termahal Ketiga di Asia, Luar Biasa!

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 51 2620421 penyerang-jebolan-piala-aff-u-19-jadi-pemain-termahal-ketiga-di-asia-luar-biasa-qPZ9IdLw1Z.jpg Sardar Azmoun, pemain jebolan Piala AFF U-19 yang masuk kategori pemain termahal Asia. (Foto: Instagram/@sardar_azmoun)

PENYERANG jebolan Piala AFF U-19 muncul sebagai pemain termahal ketiga di Asia! Lantas, siapa sosok yang dimaksud?

Sosok yang dimaksud adalah penyerang Timnas Iran, Sardar Azmoun. Anda tentu bertanya-tanya atau mengernyitkan dahi, kok bisa pemain asal Iran masuk hitungan pemain jebolan Piala AFF U-19?

Sardar Azmoun

(Sardar Azmoun, pemain andalan Bayer Leverkusen jebolan Piala AFF U-19)

Bukannya Piala AFF U-19 hanya diperuntukkan bagi tim-tim Asia Tenggara saja? Sekadar diketahui, AFF beberapa kali mengundang tim-tim dari luar Asia Tenggara.

Sebut saja China, Iran, Jepang, Maladewa, Korea Selatan, Uzbekistan dan Qatar pernah ambil bagian di Piala AFF U-19. Untuk Iran sendiri, ambil bagian di Piala AFF U-19 2012.

Saat itu, peserta Piala AFF U-19 2012 hanyalah Iran, Uzbekistan, Australia dan Vietnam. Menggunakan sistem round robin, Iran dan Uzbekistan mengakhiri klasemen di posisi satu dan dua.

Finis di posisi satu dan dua membuat Iran dan Uzbekistan bertemu di partai puncak. Hasilnya, Iran meraih kemenangan dengan skor 2-1. Saat itu di akhir turnamen, Sardar Azmoun dan sang kompatriot, Alireza Jahanbakhsh, keluar sebagai top skor dengan koleksi empat gol.

Lantas, siapa sosok Sardar Azmoun? Penyerang yang kini berusia 27 tahun itu pernah membela sejumlah klub top Rusia seperti FK Rostov, Rubin Kazan hingga Zenit. Bersama Rostov dan Zenit, Sardar Azmoun mencatatkan 21 penampilan di Liga Champions dan mengoleksi enam gol!

Sardar Azmoun

(Sardar Azmoun saat membela Zenit)

Efek Rusia yang terkena hukuman, Sardar Azmoun hengkang ke Bayer Leverkusen pada Januari 2022. Bersama Bayer Leverkusen di paruh kedua musim 2021-2022, Sardar Azmoun mengemas satu gol dan satu assist dari 11 pertandingan.

Menurut Transfermarkt, harga pasar Sardar Azmoun saat ini berada di angka 22 juta euro atau sekira Rp343,5 miliar. Di Asia, hanya ada dua nama yang harga pasarnya di atas Sardar Azmoun.

Mereka ialah fullback kanan Arsenal asal Jepang, Takehiro Tomiyasu yang berharga 25 juta euro. Sementara itu, satu nama lainnya adalah Son Heung-min (Tottenham Hotspur) yang bernilai 75 juta euro atau sekira Rp1,17 triliun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini