Share

10 Suporter Sepak Bola Paling Rusuh di Dunia, Nomor 1 Ada Kaitannya dengan Lionel Messi

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 51 2615688 10-suporter-sepak-bola-paling-rusuh-di-dunia-nomor-1-ada-kaitannya-dengan-lionel-messi-6GS0sXdpD2.jpg 10 Suporter Sepak Bola Paling Rusuh di Dunia. (Foto: Footyfair)

10 Suporter sepak bola paling rusuh di dunia ini agaknya harus anda waspadai. Sepakbola adalah salah satu olahraga yang banyak diminati oleh berbagai kalangan.

Jadi, tidak heran jika setiap klub sepakbola memiliki banyak suporter. Sayangnya, tidak semua suporter memiliki image yang sama.

Ada beberapa suporter klub sepak bola yang terkenal akan sikap anarkis dan rusuhnya sehingga mencoreng nama klub sepak bolanya sendiri.

Nah, berikut adalah 10 Suporter Sepak Bola Paling Rusuh di Dunia. Apakah salah satu suporter klub sepak bola di Indonesia termasuk salah satunya?

Berikut 10 Suporter Sepak Bola Paling Rusuh di Dunia:

10. Al-Masry - Mesir

Al-Masry

Pendukung klub sepak bola Al-Masry, Port Said, ternyata memiliki kelakuan yang buruk dan tentunya mencoreng nama klub sepak bola Al-Masry. Pada tahun 2012 lalu, pendukung klub ini merayakan kemenangan Al-Masry atas Al-Ahly dari Kairo.

Para suporter memaksa masuk ke dalam lapangan, kemudian mengejar pemain lawan. Pengejaran ini dilihat secara langsung oleh pendukung tim lawan sehingga mencetuskan rusuh. Dari kerusuhan ini, terdapat 74 orang meninggal dan 248 luka-luka.

9. Boca Juniors - Argentina

Boca Juniors

Argentina memiliki klub bola paling besar, yaitu Boca Juniors. Sayangnya, suporter klub ini sering berbuat onar. Terdapat dua faksi di dalam komunitas suporter Boca Juniors. Sehingga sering muncul selisih pendapat dan terjadi kerusuhan internal. Bahkan karena perselisihan ini pernah menewaskan dua anggota suporternya.

8. Atletico Nacional - Kolombia

Atletico Nacional merupakan sebuah klub sepak bola Kolombia yang pernah ditunggangi oleh Pablo Escobar pada tahun 1980an. Klub ini juga dikenal memiliki fans yang sangat rusuh.

Salah satunya adalah saat pertandingan Independiente Medellin melawan Atletico Nacional yang menewaskan satu orang karena tertembak dan sembilan di antaranya luka-luka. Dari kejadian ini, 315 orang ditangkap dengan tuduhan provokasi.

7. Galatasaray - Turki

Galatasaray

Ketika Galatasaray bertanding, anda akan dengan mudah menemukan banner bertuliskan “Selamat Datang di Neraka” yang dibawa oleh suporter klub ini. Suporter Galatasaray memang terkenal rusuh dan ganas di dunia. Pada tahun 2000, ada dua pemuda pendukung Leeds United yang mati tertusuk dan di tahun 2016 kejadian tersebut terulang kembali.

6. Universitario - Peru

Klub sepak bola Universitario memiliki suporter yang tidak kalah menyusahkan dari klub lain. Salah satunya adalah kejadian yang menimpa Walter Oyarce, salah seorang pendukung klub rival Universitario, Alianza. Kala itu Oyarce tengah menonton pertandingan kedua klub dari bangku VIP. Kemudian suporter Universitario datang dan menghajarnya hingga menjatuhkan Oyarce dari ketinggian 9 meter. Kejadian ini dipicu atas rivalitas kedua klub.

5. Catania - Italia

Pada tahun 2007 silam, FIFA menghukum pendukung klub Catania, Italia, karena perilakunya yang rusuh hingga menyebabkan kematian. Kejadian mengenaskan ini terjadi pada saat laga Catania melawan Palermo. Salah satu petugas kepolisian meninggal karena berusaha mengehntikan kerusuhan yang terjadi.

4. Partizan Belgrade - Serbia

Pada 2008, terjadi penembakan yang menewaskan seorang laki-laki di tengah tawuran yang terjadi antara pendukung Partizan Belgrade dan Novi Sad. Selang setahun dari kejadian tersebut, seorang pendukung tim Toulouse dari Perancis mendapatkan penganiayan pada saat laga terakhir di Liga Eropa.

3. Corinthians - Brasil

Corinthians

Corinthians merupakan klub sepak bola yang memiliki gelar terbanyak pada ajang Piala Dunia antar klub. Sayangnya mereka memiliki suporter yang rusuh. Seperti kejadian yang terjadi beberapa tahun lalu, yaitu meninggalnya Kevin Beltran, seorang pendukung tim lawan, yang dilempari suar api hingga menyebabkan dirinya mengalami kerusakan otak dan kemudian meninggal. Akibatnya, tim dari Sao Paulo harus menjalani sisa laga Copa Libertadores dengan pintu tertutup tanpa fans.

2. Wisla Krakow - Polandia

Meski bukan sebuah klub bola yang besar, namun Wisla Krakow memiliki suporter yang ganas dan terkenal rusuh. Keganasan dan kerusuhannya ini terbukti tatkala seorang suporter dari tim lawan mengalami kekerasan. Ia dikeroyok 12 suporter Wisla Krakow dengan senjata tajam dan tongkat baseball pada 2011 lalu.

1. Newell’s Old Boys - Argentina

Newell's Old Boys

Kota kelahiran bintang sepak bola top dunia, Lionel Messi, ini ternyata juga memiliki reputasi yang buruk jika masalah suporternya. Kerusuhan dan keganasan para fans memberikan reputasi yang buruk bagi klun Newell’s Old Boys. Salah satu contohnya adalah saat seorang bocah berusia 14 tahun yang memakai atribut klub rival ditembak mati di dekat stadion.

Demikian informasi mengenai 10 Suporter Sepak Bola Paling Rusuh di Dunia. Jangan ditiru ya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini