Share

5 Pemain yang Dinaturalisasi China, Nomor 1 Pernah Bela Arsenal!

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 51 2615606 5-pemain-yang-dinaturalisasi-china-nomor-1-pernah-bela-arsenal-3owc6GKtsp.jpg Berikut lima pemain yang dinaturalisasi China (Foto: Eurosport)

5 pemain yang dinaturalisasi China, akan dibahas Okezone. Naturalisasi adalah hal lumrah dalam dunia sepakbola. Banyak negara-negara kuat di dunia sepakbola yang memakai jasa pemain naturalisasi.

Untuk Asia, China adalah salah satu negara yang menaturalisasi pemain asing. Berikut lima pemain yang dinaturalisasi China:

5. Aloisio dos Santos Goncalves

5 Pemain yang Dinaturalisasi China

(Aloisio Goncalves salah satu pemain naturalisasi China, foto: playmakerstats)

Daftar ini akan dimulai dengan Aloisio dos Santos Goncalves atau yang lebih akrab dengan nama Aloisio Goncalves. Dia berpindah kewarganegaraan pada 2019 dan namanya pun berganti menjadi Luo Guofu.

Penyerang asal Brasil berumur 34 tahun ini debut bersama China pada 7 September 2021. Bersama China, dia menorehkan lima penampilan dengan koleksi satu gol. Kini, dia bermain untuk klub Brasil, America-MG.

4. Elkeson de Oliveira Cardoso

5 Pemain yang Dinaturalisasi China

(Elkeson saat berlaga, foto: AFP)

Selanjutnya, ada Elkeson de Oliveira Cardoso. Elkeson bermain di China sejak 2013 hingga 2022. Selama merumput di Negeri Tirai Bambu dia pernah membela Guangzhou Evergrande dan Shanghai SIPG.

Dia dipanggil untuk memperkuat China pada 2019 setelah menyelesaikan proses naturalisasi. Dia pun mendapatkan nama China, yaitu Ai Kesen. Sejak debut bersama China pada 10 September 2019, penyerang 32 tahun berdarah Brasil itu telah menorehkan empat gol dalam 13 penampilan. Kini, dia bermain untuk klub Brasil, Gremio.

3. Alan Douglas Borges de Carvalho

5 Pemain yang Dinaturalisasi China

(Alan Douglas saat beraksi, foto: The Standard)

Lalu, ada Alan Douglas Borges de Carvalho yang dikenal dengan nama Alan Carvalho. Penyerang berdarah Brasil itu sudah bermain di Negeri Tirai Bambut sejak 2015 silam.

Dia pernah main untuk beberapa klub ternama China, seperti Guangzhou Evergrande, TJ Tianhai, dan BJ Guoan. Alan debut untuk China pada 30 Mei 2021. Dalam 10 penampilan untuk China, dia telah menorehkan tiga gol. Perlu diketahui, Alan punya nama China, yaitu A Lan. Dia kini tanpa klub setelah dilepas Guangzhou Evergrande pada 15 Februari 2022.

2. Tyias Browning

5 Pemain yang Dinaturalisasi China

(Tyias Browning saat latihan dengan Everton, foto: Liverpool Echo)

Tyias Browing ada di posisi kedua. Bek tengah Guangzhou Evergrande ini sudah bermain di Negeri Tirai Bambu sejak musim dingin 2019. Dia dibeli Guangzhou Evergrande dari Everton pada 29 Februari 2019.

Jebolan akademi Everton itu debut untuk China pada 20 Mei 2011. Total, dia sudah 11 kali tampil untuk China. Perlu diketahui, dia pun pernah membela Inggris di level U-17, U-19, dan U-21.

1. Nicholas Yennaris

5 Pemain yang Dinaturalisasi China

(Nicholas Yennaris saat bela Arsenal, foto: Sky Sports)

Posisi pertama ditempati oleh Nicholas Yennaris yang merupakan jebolan akademi Arsenal dan pernah main untuk The Gunners. Lahir di Inggris pada 24 Mei 1993, Yennaris memiliki darah China dan Yunani. Semasa kecil, dia pernah membela Inggris U-17, U-18 hingga U-19.

Pada musim dingin 2019, Yennaris pindah ke BJ Guoan dari Brentford. Dia pun menjelma jadi gelandang bertahan andalah BJ Guoan. Pada 7 juni 2019, Yennaris pun debut untuk China. Dia tercatat sudah main enam kali untuk Negeri Tirai Bambu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini