Share

5 Alasan Shin Tae-yong Bakal Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Fase Gugur Piala Asia 2023, Nomor 1 Paling Menarik

Tim Okezone, Okezone · Kamis 16 Juni 2022 05:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 51 2612387 5-alasan-shin-tae-yong-bakal-bawa-timnas-indonesia-lolos-ke-fase-gugur-piala-asia-2023-nomor-1-yang-paling-menarik-3mHdBJpmao.jpg 5 Alasan Shin Tae-yong Bakal Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Fase Gugur Piala Asia 2023. (Foto: Instagram/shintaeyong7777)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia akhirnya memastikan diri lolos ke Piala Asia 2023 usai menjadi lima runner-up terbaik di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Penantian panjang 16 tahun tak pernah mengikuti turnamen sepakbola tebesar di Asia itu pun kini telah berakhir.

Tentu keberhasilan skuad Garuda bisa tembus putaran final Piala Asia 2023 berkat kerja keras para pemain, tim ofisial, dan dukungan dari masyarakat Indonesia. Namun, apresiasi tambahan layak diberikan kepada sang pelatih, Shin Tae-yong.

Kehadiran Shin Tae-yong di Timnas Indonesia benar-benar membuat penampilan skuad Garuda semakin gahar. Lantas banyak yang beranggapan mungkin saja pelatih asal Korea Selatan itu juga mampu membuat Timnas Indonesia lolos dari fase grup Piala Asia 2023 nanti. Lantas apa dasar yang membuat anggapan itu ada?

Berikut 5 Alasan Shin Tae-yong Bakal Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Fase Gugur Piala Asia 2023

5. Shin Tae-yong Sudah Paham dengan Skuadnya

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong kini sudah dua tahun lebih melatih Timnas Indonesia. Ia pun mulai paham karakter dari para pemain dari skuad Garuda tersebut.

Dengan memiliki pengetahuan yang luas itu, Shin Tae-yong tahu apa yang harus diperkuat dari masing-masing anak buahnya. Dengan masih ada waktu persiapan satu tahun lagi, Shin Tae-yong jelas akan memanfaaatkan pengetahuannya itu untuk meningkatkan kualitas pemainnya.

4. Kehadiran Para Pemain Keturunan

Sandy Walsh dan Jordi Amat

Timnas Indonesia yang sekarang sejatinya sudah sangat baik dan hebat. Namun, bayangkan jika Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama telah menyelesaikan proses naturalisasinya, maka kekuatan Timnas Indonesia akan semakin kuat.

Pengalaman para pemain naturalisasi bermain di Eropa bisa sangat membantu Timnas Indonesia melawan tim-tim kuat Asia lainnya di Piala Asia 2023 mendatang.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Persiapan yang Matang

Timnas Indonesia

Shin Tae-yong memiliki waktu satu tahun untuk mempersiapkan Timnas Indonesia sebelum tampil di Piala Asia 2023. Dengan waktu yang cukup lama itu, Shin Tae-yong diprediksi akan mematangkan persiapan menyambut kompetisi itu dengan baik.

Apalagi kini Timnas Indonesia sudah dibolehkan menggunakan fasilitas di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung, Jawa Barat sebagai lokasi pemusatan latihan (TC). Sehingga Shin Tae-yong bisa fokus membangun tim di sana.

2. Pengalaman Shin Tae-yong

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong datang ke Indonesia dengan status sebagai salah satu pelatih terbaik di Asia. Ia pernah membawa Timnas Korea Selatan menjuarai Piala Asia Timur (EAFF) 2017.

Shin Tae-yong juga mampu membuat Jerman tersingkir dari Piala Dunia 2018. Meski saat itu Timnas Korsel pun tak lolos dari fase grup, mengalahkan Jerman 2-0 disaat tim tersebut memiliki skuad yang luar biasa tetaplah sangat membanggakan.

Di level klub pun Shin Tae-yong pernah membawa klub asal Korea, Seongnam menjadi juara Liga Champions Asia 2010 dan South Korea Cup 2011. Semua itu menjadi bukti bahwa Shin Tae-yong memiliki pengalaman yang bisa mengantarkan Timnas Indonesia lolos dari fase grup Piala Asia 2023.

1. Shin Tae-yong Sudah Terlanjur Janji

Fakta menarik Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023

Usai memastikan diri lolos ke Piala Asia 2023, Shin Tae-yong dengan lantang berjanji akan membuat Timnas Indonesia semakin kuat dan dapat berbicara banyak di turnamen tersebut.

Shin Tae-yong mau Timnas Indonesia melangkah lebih jauh, yang berarti lolos dari fase grup. Dengan waktu persiapan yang panjang, Shin Tae-yong cukup percaya diri untuk mewujudkannya.

โ€œDengan keberhasilan lolos kualifikasi kali ini, kami akan melangkah lebih jauh dan menjadi tim yang lebih kuat. Kami akan siap untuk menunjukkan kekuatan kami tahun depan di kompetisi ini,โ€ kata Shin Tae-yong saat konferensi pers pascalaga Timnas Indonesia vs Nepal.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini