Share

Mengenal Sejarah Turnamen Toulon, Kompetisi Kelompok Usia yang Lahirkan Bintang Sepak Bola Dunia

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Minggu 29 Mei 2022 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 29 51 2601961 mengenal-sejarah-turnamen-toulon-kompetisi-kelompok-usia-yang-lahirkan-bintang-sepak-bola-dunia-YN952jiQa4.jpg Mengenal sejarah Turnamen Toulon (Foto: Reuters)

MENGENAL sejarah Turnamen Toulon, kompetisi yang lahirkan bintang sepak bola dunia akan dibahas oleh tim Okezone. Turnamen Toulon atau Toulon Cup merupakan kompetisi kelompok usia di bawah 21 tahun, yang diikuti oleh berbagai negara di seluruh dunia.

Termasuk Timnas Indonesia U-19, para peserta Toulon Cup datang dengan penuh kepercayaan diri yang tinggi, demi bersaing di turnamen mancanegara ini. Uniknya, meski hanya kompetisi kelompok usia, berkat Toulon Cup banyak lahir pesepak bola dunia, yang saat ini berkarier, bahkan dengan status bintang dan legenda.

Nah, bagi yang belum tahu, mari mengenal Sejarah Turnamen Toulon. Berikut ini penjelasan sejarah Turnamen Toulon.

Egy Maulana Vikri

(Egy Maulana Vikri salah satu alumni Toulon Cup bersama Timnas Indonesia U-19)

Sejarah Turnamen Toulon

Turnamen Toulon sudah ada sejak tahun 1967. Nama Toulon diambil dari nama kota ajang ini pertama kali di gelar, yakni di Toulon, Perancis Selatan. Kota Toulon sendiri letaknya tak jauh dari tepi Laut Mediterania.

Meski sudah ada dimulai sejak tahun 1967, namun turnamen ini baru rutin dilaksanakan setiap tahun mulai dari tahun 1974. Turnamen Toulon adalah turnamen yang diikuti oleh tim sepak bola dari berbagai negara dengan usia dibawah 21 tahun.

Dalam sejarahnya, Turnamen Toulon telah melahirkan banyak pesepak bola top. Sebut saja nama Zinedine Zidane (1991), David Beckham (1996), Thierry Henry (1997), Frank Lampard (1998), hingga Cristiano Ronaldo (2003).

Pada tahun 2017 Timnas Indonesia U-19 akhirnya berpartisipasi dalam turnamen ini untuk pertama kalinya. Nama Egy Maulana Vikri menjadi sorotan, karena penampilannya apik.

Alejandro Garnacho

(Alejandro Garnacho, digadang-gadang sebagai suksesor Cristiano Ronaldo di Manchester United)

Berkat penampilannya yang memukau di Turnamen Toulon, Egy Maulana Vikri mendapatkan penghargaan sebagai Pendatang Baru Terbaik atau Jouer Revelation Trophee. Di tahun ini, ada pula salah satu bintang muda Manchester United, Alejandro Garnacho.

Ia digadang-gadang akan menjadi suksesor Cristiano Ronaldo di Old Trafford. Di Toulon Cup 2022, Alejandro Garnacho membela Timnas Argentina U-20.

Seentara itu, untuk tahun ini, Timnas Indonesia U-19 pun kembali mengikuti turnamen ini. Di bawah komando Dzenan Radoncic, asisten pelatih Shin Tae Yong, Timnas Indonesia U-19 akan mengarungi persaingan di Toulon Cup 2022.

Sekadar diketahui, Skuad Garuda Nusantara sendiri berada di Grup B. Timnas Indonesia U-19 akan berjibaku melawan Timnas Meksiko U-20, Timnas Venezuela U-20, dan Timnas Ghana U-20.

Demikian informasi mengenai Sejarah Turnamen Toulon yang akan diikuti Timnas Indonesia U-19. Semoga tahun ini Timnas Indonesia U-19 bisa jadi juara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini