Share

7 Pemain Asia yang Pernah Masuk Nominasi Ballon dOr, Nomor 1 dari Korea Selatan

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Sabtu 28 Mei 2022 21:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 28 51 2601888 7-pemain-asia-yang-pernah-masuk-nominasi-ballon-dor-nomor-1-dari-korea-selatan-CJSHFR3iTg.jpg Trofi Ballon dOr. (Foto: Twitter/FranceFootball)

7 Pemain Asia yang pernah masuk Nominasi Ballon dOr. Pemain sepak bola Asia kerap kali disebut memiliki prestasi yang masih tertinggal dari pemain asal Eropa, Amerika, dan Afrika.

Sebagai indikator utamanya adalah belum pernah ada pemain Asia yang berhasil meraih Ballon dOr. Ballon dOr termasuk ajang penghargaan sepakbola tahunan yang diberikan kepada pemain terpilih sebab telah melakukan yang terbaik pada musim sebelumnya.

Walau begitu, sebenarnya terdapat beberapa pemain Asia yang pernah masuk nominasi Ballon dOr. Lantas, siapa saja 7 pemain Asia yang pernah masuk nominasi Ballon dOr? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Berikut 7 Pemain Asia yang Pernah Masuk Nominasi Ballon dOr:

7. Hidetoshi Nakata

Hidetoshi Nakata

Siapa yang tak kenal dengan Hidetoshi Nakata? Pemain asal Jepang yang melegenda. Nakata menjadi pemain Asia pertama yang masuk nominasi sebagai pemenang Ballon dOr.

Hebatnya lagi, Nakata pernah masuk nominasi Ballon dOr, sebanyak tiga kali. Tepatnya, masuk nominasi pada tahun 1998, 1999, dan 2001.

Hanya saja, Nakata tak pernah dapat satupun suara saat pemilihan. Meski begitu, pemain yang berhasil menjuarai Serie A bersama AS Roma ini masih termasuk pemain Asia yang paling sering masuk nominasi Ballon dOr.

6. Junichi Inamoto

Menyusul jejak Nakata, pada tahun 2002, Junichi Inamoto juga pemain Jepang yang pernah masuk nominasi Ballon dOr. Inamoto di tahun itu memang tampil apik, terutama bersama Timnas Jepang di Piala Dunia.

Sayangnya, nasib yang sama juga dialami Inamoto saat pemilihan serupa, yaitu tak memperoleh satupun suara. Pada masa itu jumlah pemain yang masuk nominasi Ballon dOr memang bisa mencapai 50 pemain, sehingga wajar jika terdapat beberapa pemain yang tak dapat suara.

5. Seol Ki-hyeon

Piala Dunia 2002 yang digelar di Korea Selatan dan Jepang memberikan hasil yang cukup manis bagi kedua negara tuan rumah. Alhasil, selain pemain Jepang, di tahun yang sama ada pula pemain Korea Selatan yang masuk nominasi Ballon dOr. Ia adalah Seol Ki Hyeon, pemain sayap yang saat itu membela Anderlecht di Liga Belgia.

Seol berhasil membawa Korea Selatan melangkah ke semifinal Piala Dunia. Meski akhirnya tak meraih suara dalam pemilihan Ballon dOr 2002, pencapaian Seol tentu tetap membanggakan negaranya.

4. Park Ji-sung

Park Ji-sung

Setelah Seol Ki Hyeon, tiga tahun berselang, giliran Park Ji Sung yang masuk nominasi Ballon dOr. Gelandang Korea Selatan ini berhasil membawa PSV Eindhoven meraih 2 trofi di musim 2004/05. Di akhir musim, Park direkrut oleh Manchester United, dan dijadikan salah satu pemain inti di lini tengah Setan Merah.

Tak heran jika di akhir tahun, Park dinilai layak menjadi salah satu nominasi dalam Ballon dOr. Sama halnya dengan Seol, Park juga tak meraih satu suara pun, Namun diketahui belakangan, Park sukses bersama MU hingga menjadi pemain Asia dengan koleksi trofi terbanyak di Eropa.

3. Shunsuke Nakamura

Shunsuke Nakamura

Setelah lima tahun, kembali gelandang asal Jepang, Shunsuke Nakamura, berhasil menjadi salah satu nominasi Ballon dOr tahun 2007. Di tahun itu, ia tampil hebat dengan membawa Glasgow Celtic menjuarai Liga Skotlandia serta Piala Skotlandia.

Selain itu, Nakamura juga tampil cukup apik di Piala Asia 2007, membawa serta Jepang masuk semifinal meski akhirnya tak juara. Meski usianya telah 43 tahun, ia masih aktif bermain membela Yokohama FC di Liga Jepang.

2. Younis Mahmoud

Younis Mahmoud

Selain Nakamura, pemain Asia yang masuk nominasi Ballon dOr 2007 selanjutnya adalah Younis Mahmoud. Striker asal Irak yang berhasil membawa negaranya menjuarai Piala Asia. P

Meski saat itu kondisi Irak sedang porak poranda akibat perang. Keberhasilan Timnas Irak meraih trofi akhirnya sempat membuat terjadinya gencatan senjata sementara.

Mahmoud berperan besar dalam kesuksesan tersebut. Ia bahkan menjadi pemain terbaik sekaligus top skor Piala Asia 2007 dengan 4 gol.

Sehingga, Mahmoud tak sekadar masuk nominasi Ballon dOr, tapi jadi pemain Asia pertama yang memperoleh suara saat pemilihan. Memperoleh 2 suara, Mahmoud menduduki posisi 29 di akhir pemilihan.

1. Son Heung-min

Son Heung-min

Terbaru, ada Son Heung-min masuk nominasi tahun 2019. Pada musim itu, ia berhasil mengantarkan Tottenham Hotspur menjadi finalis Liga Champions untuk pertama kalinya. Di Premier League pun Spurs berhasil meraih hasil cukup bagus yakni finis di posisi keempat.

Son mengambil andil besar dalam pencapaian tersebut dengan mencetak 20 gol serta 10 assist dalam 48 laga di semua ajang. Saat pemilihan Ballon dOr, Son juga berhasil meraih 4 suara dan duduk di posisi 22.

Demikian 7 pemain Asia yang pernah masuk nominasi Ballon dOr yang perlu diketahui.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini