Share

Jadi Penentu Kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Malaysia U-23, Marc Klok Sukses Jawab Keraguan Banyak Pihak

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 22 Mei 2022 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 22 51 2598386 jadi-penentu-kemenangan-timnas-indonesia-u-23-atas-malaysia-u-23-marc-klok-sukses-jawab-keraguan-banyak-pihak-TbWHEQXIcF.JPG Selebrai Marc Klok usai jadi penentu kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Malaysia U-23 di SEA Games 2021. (Foto: Reuters)

HANOI – Marc Klok menjadi pahlawan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 dalam kemenangan atas Malaysia U-23 di perebutan medali perunggu cabang olahraga (cabor) sepakbola putra SEA Games 2021. Pasalnya dalam laga yang berlanjut hingga babak adu penalti itu, Marc Klok yang turun sebagai penendang kelima mampu mengunci kemenangan dan memastikan Garuda Muda meraih medali perunggu.

Gol terakhir Klok itu jelas tak hanya sekadar mengantarkan Timnas Indonesia U-23 menang penalti 4-3 atas Malaysia U-23 dan merebut medali perunggu saja. Gol yang diciptakan Klok juga menjadi jawaban untuk pihak-pihak yang meragukannya sejak dipilih untuk tampil di SEA Games 2021.

Seperti yang diketahui Timnas Indonesia U-23 menang penalti 4-3 atas Malaysia U-23 usai di waktu normal kedua tim sama kuat 1-1, Minggu (22/5/2022) sore WIB. Kala itu skuad Garuda Muda berhasil unggul lebih dulu lewat Ronaldo Kwateh di menit 69 dan barulah di menit 81, Malaysia mampu menyamakan kedudukan.

Marc Klok di laga Timnas Indonesia U-23 vs Malaysia (Reuters)

Laga pun langsung berlanjut ke babak adu penalti tanpa adanya babak tambahan. Saat itu, Asnawi Mangkualam sebagai penendang pertama gagal. Untungnya, penendang Timnas Indonesia U-23 selanjutnya mampu mengeksekusi dengan baik, sementara dua wakil Malaysia gagal.

Klok pun merupakan penendang kelima dan ternyata menjadi penentu kemenangan. Andai tendang Klok tak masuk, penalti tentu akan terus berlanjut, tapi ia mampu mengeksekusinya dengan baik.

Kebahagian lantas terlihat jelas dari rauh wajah pemain Persib Bandung tersebut. Ia yang awalnya sempat diragukan dipilih untuk menjadi salah satu dari tiga pemain senior yang dibawa ke SEA Games 2021, nyatanya mampu membawa pulang medali perunggu.

Meski hanya bisa merebut medali perunggu, Marc Klok dan kawan-kawan jelas sangat layak mendapatkan apresiasi. Perjuangan mereka benar-benar luar biasa walau tak bisa mendapatkan medali emas.

Timnas Indonesia U-23 vs Malaysia U-23

Terutama kepada Klok yang sukses menjawab keraguan dan kritikan kepadanya. Tentunya hasil itu bisa memberikan kesan positif juga kepada Shin Tae-yong terhadap Klok.

Saat berita ini dibuat, Marc Klok menjadi salah satu trending topic di media sosial twitter. Banyak yang berterima kasih kepadanya karena sudah menjadi penentu kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Malaysia U-23, sekaligus memastikan medali perunggu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini