Share

11 Fakta Menarik Boaz Solossa yang Jarang Orang Tahu, Nomor 1 Diangkat Jadi PNS

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 21 Mei 2022 22:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 21 51 2598072 11-fakta-menarik-boaz-solossa-yang-jarang-orang-tahu-nomor-1-diangkat-jadi-pns-SNVbTg2vYP.jpg 11 fakta menarik Boaz Solossa yang jarang orang tahu (Foto: Instagram/@boazsolossa)

SEBANYAK 11 fakta menarik Boaz Solossa yang jarang orang tahu akan diulas pada artikel ini. Ya, siapa yang tidak mengenal Boaz Solossa, salah satu putra daerah asal Papua terbaik, yang sudah mengalami manis pahitnya sepak bola Indonesia.

Boaz Solossa merupakan salah satu pemain produktif di skuad Garuda. Ia memulai debutnya bersama Timnas Indonesia pada 30 Maret 2004. Sampai saat ini, Boaz Solossa sendiri sudah melakoni 50 pertandingan dan telah mencetak 14 gol bagi skuad Garuda.

Di balik kariernya itu, ternyata ada fakta yang menarik untuk diulas. Lantas, apa saja faktanya? Berikut 11 fakta menarik Boaz Solossa yang jarang orang tahu:

11. Lahir dari Keluarga Sepak Bola

Tak heran jika Boaz Solossa punya skill individu yang ciamik. Sebab, ia terlahir dari ayah yang juga pernah bermain sepak bola. Ya, ayah Boaz, Christopher Solossa juga merupakan pesepak bola. Sang ayah sempat memperkuat klub amatir asal Sorong, Papua, Garuda Sorong pada era 1970-an.

10. Punya Sekolah Sepak Bola Keluarga

Bukan hanya mengembangkan bankat sendiri, Boaz Solossa juga ternyata peduli dengan bakat anak muda Indonesia. Ya, hal itu terlihat dari berdirinya sekolah sepak bola (SSB) di keluarga Boaz.

Diketahui, Boaz memiliki saudara kandung yang juga menjadi pemain bola. Keluarga besar Boaz pun mendirikan sebuah SSB di Sorong bernama Putra Yohan. Saat masih berusia belia, Boaz sempat berlatih di SSB tersebut.

9. Lulusan Sarjana

Boaz Solossa

Kebanyakan pemain bola jarang menyelesaikan pendidikannya. Namun, tidak dengan Boaz. Pesepak bola 36 tahun itu membuktikan ia bisa jadi sarjana. Boaz diketahui menjalani kuliah jurusan Ekonomi Universitas Cendrawasih, Jayapura. Pada 2013, Boaz resmi jadi sarjana bersama kakaknya, Ortizan Solossa.

8. Debut Timnas Indonesia di Bawah Asuhan Peter White

Peter White, jadi salah satu pelatih paling berjasa bagi Boaz Solossa. Ya, juru taktik asal Inggris itu yang menemukan bakat dari Boaz Solossa.

Tepat pada 30 Maret 2004, Boaz memulai debutnya bersama Timnas Indonesia. Ketika itu Boaz sendiri tengah berusia 18 tahun 14 hari.

7. Pernah Alami Cedera Parah

Boaz Solossa

Boaz Solossa dikenal bermental tangguh, meski sudah beberapa kali dihantam cedera parah. Cedera parah pertamanya didapat ketika Final Piala AFF 2004.

Kakinya retak setelah ditekel keras bek asal Singapura, Baihaki Khaizan. Setahun berselang, ia absen membela Persipura Jayapura musim gara-gara urat kakinya putus. Cedera itu diketahui hampir memakan karier Boaz Solossa.

Cedera patah kaki kembali dialami Boaz saat membela Timnas Indonesia. Ketika itu, Boaz terkapar setelah kakinya parah saat hadapi Hong Kong jelang Piala Asia 2007. Ia hampir setahun absen gara-gara cedera parah, yang hampir merenggut kariernya.

6. Nomor Punggung Mirip David Beckham

Boaz memilih dan menggunakan nomor punggung 7 di Timnas Indonesia. Nomor itu telah ia gunakan saat menjalani debut di Piala AFF 2004. Pemilihan nomor itu karena Boaz mengidolai David Beckham, pesepak bola asal Inggris yang sedang di puncak karier kala itu.

5. Pernah Bermain di Timor Leste

Kemampuan Boaz Solossa mengontrol si kulit bundar membuat sejumlah tim kepincut. Bakatnya coba dikembangkan oleh Peter White. Pada 2004 silam, Peter White mengajaknya untuk trial di klub Inggris. Namun, Boaz menolak lantaran tak bisa jauh dari mamanya.

Alih-alih berkarier di Eropa, Boaz memilih besar di dalam negeri. Akan tetapi, tak banyak yang tahu, Boaz pernah mencoba peruntungan selama enam bulan di Timor Leste dan bermain di lub Carsae FC pada 2016 silam.

4. Punya Prestasi Menterang di Klub

Boaz Solossa

Boaz Solossa tumbuh dan besar di Persipura Jayapura. Tak heran jika ia pun kerap mendulang prestasi di Persipura. Diektahui, selama membela Persipura, ia sudah juara empat kali kompetisi kasta tertinggi.

Di antaranya pada musim 2005, 2008-2009, 2010-2011, dan 2013. Di tiga edisi terakhir Boaz tercatat sebagai pencetak gol terbanyak. Ia pun pernah mengantarkan Persipura Jayapura tembus Semifinal Piala AFC 2014, sebuah prestasi yang belum pernah ditorehkan klub Indonesia lainnya.

3. Menikah dengan Teman SMA

Boaz Solossa

Boaz Solossa adalah tipikal pria yang setia pada pasangan. Tak banyak cerita miring berkaitan dengan asmara mencuat ke permukaan.

Akan tetapi, diketahui, menikah dengan teman SMA-nya, yang sudah ia pacarai sejak lama. Saat ini, ia dan Adelina telah memiliki tiga orang anak. Pasangan ini dikenal taat dengan Agamanya.

2. Generasi Emas Papua

Boaz Solossa

Papua sangat bangga dengan kemampuan Boaz Solossa. Dia merupakan bagian dari generasi emas sepak bola Papua jilid kedua setelah PON 1993. Saat menjadi juara PON Palembang 2004, Tim Bumi Cenderawasih dihuni banyak pemain belia potensial.

Selain sosok Boaz, ada pula nama seperti Ian Kabes, Immanuel Wangai, hingga Ricardo Salampessy. Terbukti hingga menjadi seorang senior, nama yang disebutkan memang memiliki karier mentereng, termasuk Boaz Solossa.

1. Diangkat Jadi PNS

Selain aktif di sepak bola, Boaz Solossa juga diketahui telah diangkat menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Boaz bekerja di Kantor Otonomi Daerah Provinsi Papua. Menariknya, Boaz bisa menjadi pegawai PNS bukan hanya karena ia merupakan pesepak bola yang berprestasi.

Menurut kabar yang beredar, keluarga Boaz sejak dulu banyak yang berkecimpung di dunia pemerintahan. Sebut saja seperti almarhum paman Boaz, yang pernah menjabat sebagi Gubernur Papua periode 2000-2005.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini