Share

SEA Games 2021: Jonathan Khemdee, Bek Thailand yang Jadi Sasaran Amarah Netizen Indonesia

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 51 2597551 sea-games-2021-jonathan-khemdee-bek-thailand-yang-jadi-sasaran-amarah-netizen-indonesia-OHjb7bLoSA.jpg Bek Thailand, Jonathan Khemdee, jadi sasaran amarah netizen Tanah Air (Foto: Reuters)

THAILAND lolos ke final sepakbola putra SEA Games 2021. Tiket final didapatkan Gajah Perang Muda usai menang tipis 1-0 atas Timnas Indonesia U-23.

Bek Thailand, Jonathan Khemdee, dapat sorotan dalam pertandingan kontra Timnas Indonesia U-23. Lalu, siapakah Khemdee?

Jonathan Khemdee vs Timnas Indonesia U-23 (Foto: Reuters)

Sekadar informasi, Khemdee adalah pemain keturunan Thailand yang memiliki darah Denmark. Dia lahir di Surin-Thailand, 9 Mei 2022. Ayah Khemdee berasal dari Denmark dan ibunya asli Thailand.

Khemdee kini berkarier bersama klub Denmark, Odense Boldklub. Dia sudah menandatangani kontrak profesional bersama klubnya pada tahun lalu. Dia pun digadang-gadang sebagai masa depan sepakbola Thailand.

Oleh sebab itu, Khemdee jadi salah satu tulang punggung Thailand di SEA Games 2021, termasuk saat melawan Timnas Indonesia U-23. Tanding di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis 19 Mei 2022 sore WIB, Khemdee dan kolega dapat perlawanan berarti dari Timnas Indonesia U-23.

Kedua tim bahkan tidak mampu mencetak gol dalam waktu normal. Pada awal babak tambahan pertama, Timnas Indonesia U-23 sayangnya kehilangan fokus.

Itu dimaksimalkan Thailand melalui gol yang dibuat Weerathep Pomphan (94โ€™). Akhirnya, gol tersebut jadi pembeda dalam pertandingan ini.

Dalam pertandingan itu, Khemdee tampil apik. Akan tetapi, dia kerap kali memancing emosi para pemain Garuda Muda, terutama pada babak tambahan.

Perlu diketahui, Timnas Indonesia U-23 mengakhiri pertandingan dengan delapan pemain usai Firza Andika, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya menerima kartu merah. Sementara itu, Thailand kehilangan seorang pemainnya karena kartu merah juga.

Aksi Khemdee saat melawan Timnas Indonesia U-23, membuatnya dapat pengalaman kurang menyenangkan dari netizen Tanah Air. Instagram Khemdee, @jonathan.khemdee_, hilang.

Tampaknya, instagram Khemdee banyak dilaporkan oleh netizen Tanah Air. Meski mampu mengatasi perlawanan Timnas Indonesia U-23, Khemdee gagal membendung netizen Tanah Air.

Jonathan Khemdee (Foto: Instagram/@jonathankemdee17)

Setelah akun instagram pertamanya hilang, Khemdee muncul kembali di instagram dengan akun @jonathankemdee17. Unggahan pertama Khemdee adalah meminta maaf kepada suporter Indonesia atas yang terjadi dalam pertandingan kontra Garuda Muda. Dia berharap akun barunya tidak lagi dilaporkan oleh netizen Tanah Air.

โ€œMaafkan, saya pendukung Indonesia. Semuanya terjadi begitu saja. Semoga kita tetap bersaudara. Salam, jangan laporkan akun saya,โ€ tulis Khemdee.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini