Share

Absennya Asnawi Mangkualam Jadi Alasan Shin Tae-yong Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Thailand

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 09:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 51 2597174 absennya-asnawi-mangkualam-jadi-alasan-shin-tae-yong-timnas-indonesia-u-23-kalah-dari-thailand-9kYIv86bXz.jpg Asnawi Mangkualam absen, Timnas Indonesia U-23 kalah 0-1 dari Timnas Thaland U-23 di semifinal SEA Games 2021. (Foto: Instagram/@asnawi_bhr)

PELATIH Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, mencari-cari alasan setelah timnya kalah 0-1 dari Timnas Thailand U-23 di semifinal SEA Games 2021, Kamis 19 Mei 2022 sore WIB. Ia mengatakan absennya Asnawi Mangkualam menjadi alasan Timnas Indonesia U-23 tumbang dari sang lawan.

Asnawi Mangkualam tidak bisa tampil karena harus menjalani sanksi akumulasi kartu. Rachmat Irianto yang bukan berposisi natural sebagai bek kanan, dipasang untuk menggantikan peran Asnawi.

Asnawi Mangkualam

(Asnawi Mangkualam absen di laga Indonesia vs Thailand)

Namun, karena lebih kuat dalam bertahan, peran Rachmat Irianto dalam membantu serangan hampir tak terlihat. Karena itu, Shin Tae-yong amat menyesalkan absennya Asnawi Mangkualam.

“Indonesia U-23 tidak memiliki servis bek Asnawi Mangkualam. Ia adalah pemain yang berpengaruh besar di tim. Absennya Asnawi membuat semangat Indonesia U-23 terpengaruh dan gagal meraih kemenangan,” kata Shin Tae-yong dilansir Zing News, Jumat (20/5/2022).

Selain menurunnya moral pemain, Timnas Indonesia U-23 seperti kehilangan sosok jiwa pemimpin. Pasalnya, emosi para penggawa Garuda Muda kerap terpancing dan berujung pada kerugian besar.

Timnas Indonesia U-23 sejatinya sudah unggul jumlah pemain ketika pemain Thailand, William Weidersjo, diganjar kartu merah. Namun, pelanggaran keras yang dilakukan Firza Andika mengubah segalanya.

Firza Andika

(Firza Andika saat diusir wasit di laga Indonesia vs Thailand)

Rekan-rekan Firza Andika bereaksi berlebihan. Wasit pun mengusir Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto karena berlaku kasar kepada pemain Thailand. Peran Asnawi Mangkualam tentu amat dibutuhkan untuk mengingatkan rekan-rekannya agar tetap bersikap dewasa.

Shin Tae-yong turut menyesalkan hal tersebut. Eks pelatih Timnas Korea Selatan itu mengkritik pemainnya yang tidak bisa mengontrol emosi pada laga tersebut.

“Jujur hari ini saya sangat kecewa pada pemain. Saya masih bisa mengerti jika mendapat kartu kuning atau akumulasi kartu, tetapi ini karena tidak fair play jadi mendapat kartu merah,” keluh Shin Tae-yong

“Saya melihat pemain-pemain tersebut tidak punya tanggung jawab sebagai pemain dan sangat disayangkan apalagi banyak yang dapat kartu merah dan cedera,” tegas juru taktik asal Korea Selatan ini.

Kekalahan ini membuat Timnas Indonesia U-23 hanya bisa berebut medali perunggu SEA Games 2021. Rencananya pada Minggu, 22 Mei 2022 pukul 16.00 WIB, Timnas Indonesia U-23 dipertemukan dengan Timnas Malaysia U-23.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini