Share

Asnawi Mangkualam Absen, Shin Tae-yong Santai karena Timnas Indonesia U-23 Masih Punya Ilham Rio Fahmi

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 19:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 51 2596320 asnawi-mangkualam-absen-shin-tae-yong-santai-karena-timnas-indonesia-u-23-masih-punya-ilham-rio-fahmi-rN5xnDxDBO.jpg Aksi Ilham Rio Fahmi di laga Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam. (Foto: PSSI)

NAM DINH - Fullback kanan andalan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23, Asnawi Mangkualam dipastikan absen saat pertandingan melawan Thailand di semifinal SEA Games 2021 pada Kamis 19 Mei 2022. Menariknya, pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong tak panik karena ia merasa Ilham Rio Fahmi mampu menggantikan peranan Asnawi dengan baik setelah mengalami perkembangan pesat.

Ya, Timnas Indonesia U-23 harus kehilangan pemain penting kala berhadapan dengan Thailand U-23 nanti. Sebab Asnawi harus absen karena akumulasi kartu kuning.

Shin Tae-yong pun nyatanya tetap santai karena merasa masih memiliki Ilham Rio di pos bek kanan. Menariknya, fans Timnas Indonesia U-23 justru banyak yang panik karena jebolan tim junior Persibara Banjarnegara itu dinilai tidak memiliki kemampuan sehebat Asnawi.

Ilham Rio Fahmi

Ilham Rio bahkan dijadikan bulan-bulanan pecinta sepakbola Indonesia kala Garuda Muda menelan kekalahan 0-3 dari Vietnam U-23 di laga perdana. Pos bek kanan yang dihuninya dipandang sebagai kelemahan yang berulang kali dimanfaatkan tim tuan rumah.

Setelah Asnawi datang, Ilham Rio kerap disimpan di bangku cadangan. Namun performanya tidak begitu buruk ketika turun sebagai pemain pengganti.

Shin Tae-yong pun masih percaya dengan kemampuan Ilham Rio. Pelatih asal Korea Selatan itu yakin Ilham Rio mampu menggantikan peran Asnawi.

“Asnawi tidak bisa dimainkan besok karena akumulasi kartu kuning. sebagai pengganti ada Rio Fahmi, dan Rio ini di laga pertama (versus Vietnam) kurang baik,” kata Shin Tae-yong pada jumpa pers, Rabu (18/5/2022).

Shin Tae-yong

“Tetapi setelah itu pertandingan-pertandingan berikutnya, performa dia meningkat saat diganti di babak kedua, di setiap pertandingan. Besok Rio masuk starting atau tidak? Bisa saksikan langsung besok,” tambahnya.

Perebutan tiket ke final SEA Games 2021 antara Timns Indonesia U-23 melawan Thailand U-23 akan dihelat di Stadion Thienh Truong, Nam Dinh pada Kamis 19 Mei 2022. Pada laga semifinal lainnya ada Vietnam U-23 vs Malaysia U-23 di Stadion Viet Tri, Phu Tho.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini