Share

Timnas Italia Diklaim Masih Punya Peluang Tampil di Piala Dunia 2022, Kali Ini Gantikan Ekuador

Tino Satrio, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 51 2596018 timnas-italia-diklaim-masih-punya-peluang-tampil-di-piala-dunia-2022-kali-ini-gantikan-ekuador-irCB9PzSjO.jpg Para pemain Timnas Italia. (Foto: Reuters)

TIMNAS Italia kembali ramai disorot karena dinilai masih punya peluang untuk di Piala Dunia 2022. Pihak Timnas Italia sendiri masih mencari celah untuk bisa tampil di Piala Dunia 2022 dengan mengulik kesalahan sekumlah negara peserta yang sudah lolos ke ajang itu.

Sebagaimana diketahui, harapan Gli Azzurri -julukan Timnas Italia- untuk tampil terbang ke Qatar sejatinya sudah sirna. Marco Verratti dan kawan-kawan menelan malu di depan publik sendiri setelah takluk dari Makedonia Utara dengan skor 0-1 di babak playoff, Maret 2022.

Timnas Italia

Namun, mantan anggota eksekutif NOC Italia, Franco Chimenti, memberikan pernyataan yang mencengangkan. Dia menyebut Italia masih berpeluang tampil di ajang paling bergengsi empat tahunan tersebut.

BACA JUGA: Piala Dunia 2022: FIFA Berencana Tambah Durasi Laga, dari 90 Menit Jadi 100 Menit

Chimenti menilai Ekuador menyalahi aturan setelah menggunakan pemain yang tidak diizinkan berada di lapangan. Dia meminta kepada FIFA untuk menindak tegas negara wakil CONMEBOL tersebut, agar digantikan oleh Italia.

BACA JUGA: Kegagalan Timnas Italia ke Piala Dunia 2022 Masih Bayangi Jorginho

"Masih ada peluang untuk melihat Italia di Piala Dunia dan itu lebih konkret dari apa yang orang pikirkan," kata Chimenti, dikutip dari Football Italia, Rabu (18/5/2022).

"Rupanya, Ekuador telah menggunakan pemain yang tidak diizinkan berada di lapangan dan bisa membayarnya," sahutnya.

Italia diklaim menjadi yang paling berhak untuk menggantikan Ekuador dikarenkan statusnya di ranking FIFA saat ini, yakni peringkat enam. Kelima negara di atasnya, seperti Brasil, Belgia, Prancis, Argentina, dan Inggris, telah lolos ke Piala Dunia 2022.

"Jika itu terjadi, negara lain harus menggantikan mereka dan aturan FIFA menyatakan bahwa negara tertinggi di peringkat FIFA harus ditarik kembali, saat ini adalah Italia,” jelas Chimenti.

Timnas Italia

Sebelumnya, drama ini juga sempat terjadi, setelah FIFA berencana memberikan sanksi terhadap Iran yang sudah meloloskan diri. Namun, Anggota Eksekutif FIFA, Evelina Christillin, juga sudah memberikan ultimatum bahwa Italia tidak ada harapan untuk tampil di Piala Dunia 2022.

"Mari kita singkirkan ide ini dari kepala kita bahwa Italia bisa pergi ke Piala Dunia, itu tidak mungkin!" kata Christillin pada Maret.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini