Share

Tampil Baik saat Timnas Indonesia U-23 Menang 4-0 atas Filipina U-23, Rio Fahmi Akhirnya Dapat Pujian

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Jum'at 13 Mei 2022 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 51 2593865 tampil-baik-saat-timnas-indonesia-u-23-menang-4-0-atas-filipina-u-23-rio-fahmi-akhirnya-dapat-pujian-Qy0UD1sibv.jpg Pemain Timnas Indonesia U-23, Ilham Rio Fahmi. (Foto: Instagram/riofhm_)

PHU THO - Fullback kanan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23, Ilham Rio Fahmi akhirnya mendapatkan pujian dari para pencinta sepakbola Tanah Air selepas laga melawan Filipina U-23. Pujian itu diberikan netizen Indonesia lantaran Rio Fahmi tampil luar biasa kala skuad Garuda Muda menang 4-0 atas Filipina U-23.

Indonesia mendekat ke babak semifinal usai menang meyakinkan atas Filipina pada lanjutan babak Grup B SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (13/5/2022) sore WIB. Garuda Muda berjaya berkat gol Muhammad Ridwan (18’) dan tandukan Rizky Ridho (44’), Egy Maulana Vikri (73’) dan eksekusi penalti Marselino Ferdinan (84’).

Pada laga tersebut, Shin Tae-yong memarkir Ilham Rio Fahmi di bangku cadangan. Pos bek kanan pun diisi oleh Asnawi Mangkualam.

Performa carut marut Rio Fahmi kala dibantai Vietnam 0-3 tidak membuat Shin Tae-yong kehilangan kepercayaan. Pria asal Korea Selatan itu memasukkan Rio Fahmi pada menit 59, menggantikan Asnawi.

ilham Rio Fahmi

Pada awalnya, keputusan Shin Tae-yong memasukkan Rio Fahmi diragukan. Pecinta sepak bola Indonesia di jagat maya khawatir Filipina akan bangkit dengan memanfaatkan kelemahan di sisi kanan pertahanan Indonesia.

“Mainnya udah bagus nih Timnas kecuali Rio Fahmi,” kata warganet dengan nama pengguna @opxnk.

“Rio Fahmi in berharap Indonesia tetap amaaan #TimnasDay,” ucap warganet dengan nama pengguna @abigaileforsure.

Kendati demikian, Rio Fahmi langsung membuktikan bahwa dirinya masih layak mendapatkan tempat di skuad Timnas Indonesia U-23. Pemain berusia 20 tahun itu memanfaatkan atribut kelebihannya dengan baik, yakni agresifitas kala membantu serangan.

Beberapa kali Rio Fahmi naik dan menjadi opsi umpan bagi rekan-rekannya. Selain itu, Rio Fahmi juga terlibat dalam penciptaan peluang Indonesia, namun sayang tembakannya tidak akurat.

Warganet langsung memuji performa Rio Fahmi. Jebolan tim junior Persibara Banjarnegara itu dinilai menunjukkan peningkatan performa yang signifikan.

“Mainnya meningkat, kukira Rio Fahmi bakal jadi next lord Edo tapi mainnya terus meningkat dari pada laga awal,” kata warganet dengan nama pengguna @MarcoRedcliff

“Match yang mendamaikan, Rio Fahmi diluar dugaan masih dapat menit bermain dan tampil baik, hmm bau-bau emas yang kemarin sempat menghilang kini tercium kembali,” ucap warganet dengan nama pengguna @chadtasga.

Timnas Indonesia U-23 (PSSI)

"Rio Fahmi udah berkembang passingnya, tinggal poles possesioning aja sama ga panik," tulis warganet dengan nama pengguna @lostyoungster

Dengan hasil kemenangan 4-0 atas Filipina itu, kini Timnas Indonesia U-23 untuk sementara merangsek naik ke puncak klasemen sementara Grup A dengan koleksi enam poin. Namun, posisi masih akan berubah mengingat saat ini Vietnam U-23 vs Myanmar U-23 sedang memainkan laga matchday ketiga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini