Share

5 Kunci Sukses Timnas Indonesia U-23 Hancurkan Timor Leste 4-1 di SEA Games 2021, Nomor 1 Banjir Pujian

Tim Okezone, Okezone · Rabu 11 Mei 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 51 2592086 5-kunci-sukses-timnas-indonesia-u-23-hancurkan-timor-leste-4-1-di-sea-games-2021-nomor-1-banjir-pujian-NRAIx3Yw6u.jpg Para pemain Timnas Indonesia U-23. (Foto: Instagram/@affpresse)

5 kunci sukses Timnas Indonesia U-23 hancurkan Timor Leste 4-1 di SEA Games 2021 menarik dikulik. Sebab, ini jadi kemenangan pertama yang diraih Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2021.

Ya, Garuda Muda -julukan Timnas Indonesia U-23- gagal membuka perjalanan di SEA Games 2021 dengan apik. Mereka kalah dari tuan rumah, Vietnam, dengan skor 0-3.

Pemain Timnas Indonesia U-23

Namun, di laga kedua fase Grup A, Timnas Indonesia U-23 sukses bangkit. Armada Shin Tae-yong yang tampil perkasa, sukses melibas Timor Leste dengan skor 4-1. Keempat gol itu dicetak oleh Egy Maulana Vikri (15’), brace Witan Sulaeman (52’ dan 76’), dan Fachrudin Aryanto (58’).

BACA JUGA: Timnas Indonesia U-23 Menang 4-1 atas Timor Leste, Performa Garuda Muda Belum Bikin Puas

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia U-23 menjaga kansnya untuk lolos ke semifinal. Di balik kemenangan ini, ada sejumlah kunci sukses. Apa saja? Berikut 5 kunci sukses Timnas Indonesia U-23 hancurkan Timor Leste 4-1 di SEA Games 2021.

BACA JUGA: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Filipina U-23 di SEA Games 2021, Live di RCTI dan iNewsTV!

5. Penampilan Memukau Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri

Salah satu kunci sukses Timnas Indonesia U-23 hancurkan Timor Leste 4-1 di SEA Games 2021 adalah penamilan ciamik Egy Maulana Vikri. Ya, Egy turut menjadi pahlawan kemennagan Timnas Indonesia U-23.

Egy sukses membangkitkan semangat Timnas Indonesia U-23 usai membuka keunggulan lewat golnya di menit ke-15. Setelah itu, dia memiliki banyak peluang emas lain yang bisa menambah keunggulan Garuda Muda, namun sayang usahanya gagal berbuah gol.

Saking apiknya kinerja Egy, Shin Tae-yong pun memandang peran sang pemain begitu penting untuk Timnas Indonesia U-23. Alhasil, Shin Tae-yong memilih menariknya keluar lapangan di awal babak kedua demi menyimpan tenaganya untuk laga berikutnya.

4. Kondisi Skuad Makin Membaik

Pemain Timnas Indonesia U-23

Kunci Sukses berikutnya adalah kinerja Timnas Indonesia U-23 yang semakin membaik. Usai laga melawan Timor Leste, Shin Tae-yong mengakui bahwa salah satu kunci sukses Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan adalah permainan yang semakin membaik.

"Kemarin kita kalah lawan Vietnam, pastinya kami memperhatikan pertandingan-pertandingan di grup ini. Tapi, kondisi kami makin membaik dan semakin baik," ujar Shin Tae-yong.

"Indonesia U-23 secara bertahap menunjukkan performa yang lebih baik seiring para pemain memulihkan kebugaran dan mempersiapkan diri dengan matang," sambungnya.

Permainan yang solid bisa menjadi modal penting bagi Timnas Indonesia U-23 dalam meraih kemenangan di laga-laga berikutnya. Kini, Shin Tae-yong tentunya berharap bisa melanjutkan kinerja apik tersebut ke laga melawan Filipina dan Myanmar.

3. Asnawi Mangkualam Kembali

Asnawi Mangkualam

Faktor ketiga berkaitan dengan Asnawi Mangkualam. Ya, kehadiran bek Ansan Greeners itu terbukti bisa memberi pengaruh terhadap penampilan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021.

Sebelumnya, di laga perdana SEA Games 2021, Asnawi diketahui absen karena masih membela klubnya di Korea Selatan. Namun, dia akhirnya bermain di laga berikutnya melawan Timor Leste. Kehadirannya bisa membantu Timnas Indonesia U-23 bangkit hingga meraih kemenangan.

Asnawi Mangkualam sendiri turun di awal babak kedua pada laga melawan Timor Leste. Dia menggantikan Rio Fahmi. Permainan Timnas Indonesia U-23 pun menjadi lebih apik usai hadirnya Asnawi, terbukti dengan terciptanya tiga gol tambahan.

2. Kinerja Apik Witan Sulaeman

Witan Sulaeman

Kunci sukses lainnya tak terlepas dari peran Witan Sulaeman. Ya, pemain yang satu ini bisa bekerja dengan sangat apik di sepanjang laga Timnas Indonesia U-23 vs Timor Leste.

Witan yang dimainkan sebagai starter di laga ini pun bisa menyumbangkan dua gol pada menit 52 dan 75. Gol pertama Witan dicetak usai memanfaatkan lemparan ke dalam Alfeandra Dewangga.  Sementara gol kedua, ini tercipta dengan memanfaatkan umpan silang Saddil Ramdani.  

1. Penyelamatan Berkelas Ernando Ari

Ernando Ari

Kunci sukses terakhir paling jadi sorotan. Ya, hal itu adalah penyelamatan luar biasa yang dilakukan Ernando Ari Sutaryadi.

Diketahui, Timnas Indonesia U-23 harus mendapat petaka di awal babak pertama. Pasalnya, Timor Leste mendapat hadiah penalti usai Marc Klok melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti.

Beruntungnya, hadiah penalti Timor Leste berhasil digagalkan Ernando Ari. Dia sukses menepis tendangan Mouzinho. Aksi ciamik Ernando Ari pun berhasil memantik semangat lebih di skuad Garuda Muda. Dengan begitu, mereka bisa mencetak banyak gol dan meraih kemenangan.

Usai laga, Ernando Ari banjir pujian. Bahkan, sang pelatih, Shin Tae-yong, ikut melempar sanjungan besar.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini