Share

5 Pesepak Bola Top Dunia Ini Ternyata Keturunan Indonesia, Nomor 1 Eks Pemain Manchester United

Tim Okezone, Okezone · Selasa 26 April 2022 21:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 26 51 2585731 5-pesepak-bola-top-dunia-ini-ternyata-keturunan-indonesia-nomor-1-eks-pemain-manchester-united-N3jLTV7qyi.jpg Radja Nainggolan. (Foto: Reuters)

PESEPAK bola top dunia keturunan Indonesia selalu menarik dikulik. Apalagi, ada sejumlah nama pemain yang tak disangka-sangka ternyata keturunan Indonesia.

Ya, kiprah pesepak bola keturunan Indonesia memang selalu mencuri perhatian lebih. Beberapa nama sendiri kini tengah ramai dibicarakan karena dilirik pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, untuk dinaturalisasi agar membela skuad Garuda.

BACA JUGA: 5 Pesepakbola Top Dunia yang Pernah Dapat Ancaman Pembunuhan, Nomor 1 Harry Maguire

Di luar itu, siapa saja pesepak bola top dunia yang ternyata keturunan Indonesia? Berikut lima di antaranya.

BACA JUGA: 5 Pesepak Bola Berdarah Eropa yang Digilai Wanita Indonesia, Nomor 1 Bintang Persija Jakarta

5. Nigel de Jong

Nigel de Jong

Di urutan kelima, ada nama Nigel de Jong. Pemain yang satu ini memiliki darah Belanda-Indonesia. Nigel de Jong memiliki darah Indonesia dari ibunya yang berasal dari Ambon.

Sementara ayah Nigel de Jong, dia berasal dari Suriname. Suriname sendiri diketahui terkenal dengan banyak penduduknya yang merupakan keturunan Jawa.

Namun, Nigel de Jong memilih menjadi warga negara Belanda. Dia pun turut dipanggil membela Timnas Belanda.

4. John Heitinga

Kemudian, ada John Heitinga. Pemain yang satu ini juga memiliki darah Belanda-Indonesia. Dia memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang lahir di Jakarta. Selain itu, kakek dari John Heitinga juga berasal dari Belitung.

John Heitinga sendiri sukses mengukir karier apik di benua Eropa. Dia sudah pernah membela Ajax Amsterdam, Atletico Madrid, Everton, hingga Fulham City.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Emil Audero Mulyadi

Emil Audero Mulyadi

Pemain keturunan Indonesia yang satu ini namanya ramai disorot belakangan. Sebab, Emil Audero Mulyadi diincar Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi membela Timnas Indonesia.

Emil Audero Mulyadi sendiri memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang bernama Edy Mulyadi. Sementara ibunya, yakni Antonella Audero, ini berasal dari Italia.

Emil Audero Mulyadi sendiri berkiprah apik di dunia sepakbola dengan pernah membela sejumlah klub Eropa. Di antaranya ada Juventus hingga Sampdoria. Dia juga pernah membela Timnas Italia di sejumlah kelompok usia. Namun, Emil Audero Mulyadi menolak tawaran untuk dinaturalisasi membela Timnas Indonesia.

2. Radja Nainggolan

Radja Nainggolan

Di nomor dua, ada Radja Nainggolan. Pemain yang satu ini juga tak kalah topnya dari tiga nama sebelumnya. Radja Nainggolan sudah pernah membela sejumlah klub top Eropa, di antaranya AS Roma dan Inter Milan.

Di balik kariernya yang ciamik, tersimpan fakta menarik bahwa Radja Nainggolan memiliki darah Indonesia. Dia memiliki darah Indonesia yang berasal dari ayahnya, sementara sang ibu asli Belgia.

1. Robin van Persie

Robin van Persie

Terakhir, ada Robin van Persie. Eks pemain Manchester United dan Arsenal ini juga memiliki darah Indonesia. Nenek dari ibu Robin van Persie ternyata berasal dari Surabaya.

Meski punya darah Indonesia, Robin van Persie memilih membela Timnas Belanda. Dia sukses memberi kontribusi besar ke Timnas Belanda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini