Share

Ramalan Orang Jepang Terhadap Masa Depan Timnas Indonesia, Hasilnya Mengejutkan!

Ramdani Bur, Okezone · Kamis 21 April 2022 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 51 2582711 ramalan-orang-jepang-terhadap-masa-depan-timnas-indonesia-hasilnya-mengejutkan-cLahV14LlF.jpg Berikut ramalan orang Jepang terhadap masa depan Timnas Indonesia. (Foto: Heru Haryono/Okezone.com)

RAMALAN orang Jepang terhadap masa depan Timnas Indonesia akan dibahas dalam artikel ini. Pelatih Timnas Jepang U-20, Masanaga Kageyama, sempat mengeluarkan prediksi. Ia menyebut Timnas Indonesia memiliki prospek untuk berkembang dan menjadi ancaman Jepang di masa mendatang.

Medio 2018, Masanaga Kageyama datang ke Indonesia bersama Timnas Jepang U-19. Ia datang untuk membesut Timnas Jepang U-19 di Piala Asia U-19 2018 yang digelar di Indonesia.

Masanaga Kageyama

(Masanaga Kageyama, pelatih Timnas Jepang U-20)

Saat itu Jepang tergabung di Grup B bersama Thailand, Irak dan Korea Utara. Secara luar biasa, tim Samurai Biru Muda menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan.

Timnas Jepang U-19 tercatat menang 5-2 atas Korea Utara, menggilas Thailand 3-1 dan mempermalukan Irak 5-0. Keluar sebagai juara Grup B membuat Jepang dipertemukan dengan runner-up Grup A, Timnas Indonesia U-19, racikan Indra Sjafri di perempatfinal Piala Asia U-19 2018.

Dalam laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno itu, Jepang menang 2-0. Namun, Jepang kesulitan menghadapi serangan-serangan Timnas Indonesia U-19 yang kerap kali diinisiasi Asnawi Mangkualam. Kelar pertandingan, Masanaga Kageyama memprediksi sepakbola Indonesia bakal berkembang.

โ€œPemain-pemain Indonesia kuat, cepat dan berbakat. Saya menilai andai para pemain berkembang dengan sangat baik, Indonesia bisa menjadi ancaman serius di masa mendatang,โ€ kata Masanaga Kageyama di konferensi pers kelar pertandingan.

Selain itu, Masanaga Kageyama juga memuji dua winger andalan Timnas Indonesia U-19 saat itu, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman. Ia menilai kedua pemain memiliki kecepatan dan kaki kiri yang mematikan.

โ€œMereka (Egy dan Witan) sangat bagus dengan kaki kirinya. Mereka punya kecepatan dan kualitas saat melakukan tendangan,โ€ lanjut Kageyama.

Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman

(Egy Maulana Vikri dan Witan kini merumput di Slovakia bersama FK Senica)

Selang empat tahun setelah pujian Kageyama di atas, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman kini sudah menembus level persepakbolaan Eropa.

Di sisi lain, level sepakbola Indonesia perlahan-lahan coba ditingkatkan pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. Bermodalkan pemain jebolan Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia U-19 2018, Shin Tae-yong coba mendongkrak level sepakbola Tanah Air.

Sejumlah pemain jebolan Piala Asia U-19 2018 yang kini menembus Timnas Indonesia era Shin Tae-yong adalah Muhammad Riyandi, Asnawi Mangkualam, Firza Andika, Rachmat Irianto, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Syahrian Abimanyu dan Hanis Saghara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini