Share

Pelatih Barcelona U-18 Punya Wejangan untuk Pemain Muda Indonesia

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 18 April 2022 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 18 51 2580895 pelatih-barcelona-u-18-punya-wejangan-untuk-pemain-muda-indonesia-rsJa7JM69v.jpg Pelatih Barcelona U-18, Iban Javier. (Foto: Quadiliba Al-Farabi/MPI)

JAKARTA - Pelatih Barcelona U-18, Iban Javier telah merasakan langsung kerasnya para pemain Indonesia saat bertandingan melawan Indonesia All Star U-20 dan Bali United U-18 di International Youth Championship (IYC) 2021. Dari hasil laga itu, Javier pun mencoba memberikan wejangan atau nasehat agar pemain muda Indonesia bisa berkembang pesat menjadi pesepakbola yang jauh lebih baik lagi.

Sejak 13 April 2022 lalu, fase grup IYC 2021 telah berlangsung. Blaugrana muda sudah dua kali menghadapi tim Indonesia. Pertama Indonesia All Star U-20 dan Bali United U-18.

Iban Javier melihat pengalaman ini sebagai pembelajaran berharga bagi timnya. Sebab ini merupakan pertama bagi mereka bermain di tanah Asia, terutama di Indonesia.

Bali United U-18 vs Barcelona U-18

Tak hanya itu, proses beradaptasi seluruh pemain yang masih di usia muda ini akan tertuntut baik secara teknik dan non-teknis. Misalnya saja, mereka bisa saling mengenal karakter permainan yang beragam di dunia.

“Soal pemain Indonesia ini, kita lihat bajwa kami adalah tim Eropa, tentu kita punya karakter Eropa, kondisi iklim juga berbeda, kami perlu persiapan main disini, dan Indonesia juga harus bersiap saat main di Eropa, ada tekanan tersendiri untuk mereka,” ucap Iban setelah laga terakhir melawan Bali United U-19, Senin (18/4/2022).

Lebih dari itu, Iban Javier memiliki pesan penting kepada seluruh yang terlibat dalam pembinaan pemain muda. Dari segi internal pemain, mereka harus disiplin dan eksternal harus ada kepercayaan kepada mereka.

“Intinya tiap pemain harus punya disiplin taktik yang baik. Para pemain usia dini juga harus diberi kepercayaan penuh, sekaligus diberikan dorongan agar selalu memberikan yang terbaik,” lanjutnya.

Iban Javier pun meringkas bahwa terdapat empat poin yang harus dimiliki para pemain muda dalam mengembangkan prestasi. Tapi yang paling penting di antara keempat hal itu adalah konsistensi.

Barcelona U-18 (Maulana Yusuf/MPI)

“Jadi khususnya untuk anak-anak muda, untuk jadi pemain bola harus ada sempat sifat seperti punya talenta, disiplin, bisa jaga diri sendiri, dan menjaga pola makan,” lanjutnya.

“Tekun saja tidak cukup. Mereka harus lunya empat faktor ini. Ini berlaku untuk semua pemain sepak bola, baik itu senior atau junior,” imbuhnya.

Selanjutnya Barcelona U-18 akan bertanding kembali melawan Atletico Madrid U-18. Bedanya kali ini laga tersebut akan menentukan juara karena kedua tim bertanding di partai final dan akan berlangsung pada Selasa 19 April 2022 malam WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini