Share

Virgil van Dijk Tak Suka dengan Formasi Belanda yang Baru, Louis van Gaal: Saya Pelatihnya!

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Senin 28 Maret 2022 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 51 2569079 virgil-van-dijk-tak-suka-dengan-formasi-belanda-yang-baru-louis-van-gaal-saya-pelatihnya-pUiVDbL6Ch.jpg Aksi Virgil van Dijk di laga Belanda vs Denmark. (Foto: Reuters)

AMSTERDAM - Bek andalan Tim Nasional (Timnas) Belanda, Virgil van Dijk, menilai formasi baru timnya agak aneh ketika melawan Denmark di laga persahabatan akhir pekan lalu. Mendengar perkataan anak buahnya itu, Louis van Gaal sebagai pelatih Timnas Belanda pun menegaskan semua keputusannya tentu sudah dipikirkan matang-matang.

Pada laga tersebut, Van Gaal memutuskan untuk menggunakan formasi yang cukup unik, yakni 3-4-1-2. namun Van Dijk merasa lebih nyaman apabila Belanda bermain dengan formasi yang lebih umum, 4-3-3.

Pertandingan Belanda vs Denmark dilangsungkan di Johan Cruyff Arena, Minggu 27 Maret 2022 dini hari WIB. Meski menggunakan formasi yang unik, Belanda tetap mampu memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 4-2.

Belanda vs Denmark

Setelah laga tersebut, Van Dijk mengatakan bahwa dirinya merasa lebih nyaman apabila menggunakan formasi 4-3-3. Namun pemain Liverpool dirinya menyadari bahwa pelatih lah yang berhak memutuskan formasi yang akan digunakan.

"Apakah saya menyukai sistemnya? Yah, saya masih mendukung 4-3-3 tetapi saya bukan pelatih nasional dan pelatih nasional memiliki pendapat yang sangat kuat tentang hal itu," ujar Van Dijk dilansir dari Liverpool Echo, Senin (28/3/2022).

Van Gaal pun mengaku tahu bahwa anak asuhnya tersebut tidak begitu nyaman dengan formasi yang dirinya gunakan. Namun Van Gaal menegaskan bahwa dirinya adalah pihak yang berhak untuk menentukan apa yang harus digunakan Belanda di setiap pertandingan.

"Saya tahu dia (Van Dijk) memiliki preferensi itu, dia selalu mengatakan ini di depan umum," kata pelatih berusia 70 tahun tersebut.

Louis van Gaal

"Kami sudah melakukan perdebatan ini ketika saya datang ke sini. Manajer memutuskan taktik," tegas Van Gaal.

Selanjutnya Belanda akan kembali menggelar laga di Johan Cruyff Arena dan kali ini yang disambut adalah tim besar, Jerman. Laga Belanda vs Jerman akan tersaji pada Rabu 30 Maret 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini