Share

5 Pemain Manchester United yang Tak Seharusnya Dijual Sir Alex Ferguson, Nomor 1 Pemilik Lima Ballon dOr

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 25 Maret 2022 19:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 25 51 2567989 5-pemain-manchester-united-yang-tak-seharusnya-dijual-sir-alex-ferguson-nomor-1-pemilik-lima-ballon-dor-QzWtnrUWox.jpg Berikut lima pemain Manchester United yang seharusnya tidak dijual Sir Alex Ferguson (Foto: Reuters)

MANCHESTER United adalah salah satu klub raksasa dunia yang memiliki begitu banyak penggemar. Bagaimana tidak, The Red Devils adalah tim yang dulu selalu bersaing untuk trofi pada setiap musim.

Masa keemasan Man United tercipta saat ditangani Sir Alex Ferguson. Ferguson membentuk Man United menjadi tim yang ditakuti oleh siapa pun. Akan tetapi, itu tidak menandakan Ferguson bebas dari kesalahan.

Dia juga pernah melakukan blunder dengan menjual beberapa pemain yang semestinya tetap di Man United. Melansir dari Sportskeeda, Jumat (25/3/2022), berikut lima pemain Man United yang tidak seharusnya dijual Ferguson:

5. Jaap Stam

Jaap Stam (Foto: Istimewa)

Jaap Stam didatangkan Man United dari PSV Eindhoven pada musim panas 1998. Pemain asal Belanda itu pun menjelma jadi bek tengah tangguh yang membawa Man United meraih berbagai prestasi.

Namun, kebersamaan Stam dengan Man United hanya berjalan selama tiga musim. Itu karena kritik keras Stam kepada Ferguson dan Man United yang dituangkan dalam bukunya, β€œHead to Head.”

Kritik itu membuat hubungan Stam dan Ferguson memanas. Imbasnya, Ferguson pun menjual Stam ke Lazio pada musim panas 2001.

4. Gerard Pique

Gerard Pique (Foto: Istimewa)

Gerard Pique lebih dikenal sebagai legenda Barcelona karena kesuksesanya di Camp Nou. Akan tetapi, Pique pernah empat musim (2004-2008) main untuk Man United sebelum gabung Barcelona.

Namun, Pique kesulitan menembus tim utama Man United yang saat itu diisi bek-bek tengah nomor satu. Oleh sebab itu, Pique memilih kembali ke Barcelona, klub masa kecilnya, yang ternyata merupakan keputusan tepat.

3. David Beckham

David Beckham (Foto: Give Me Sport)

David Beckham adalah bagian dari Class of 92 yang membawa Man United meraih banyak trofi bergengsi. Akan tetapi, semua berubah saat hubungan Beckham dan Ferguson merenggang. Ferguson tidak suka dengan kehidupan Beckham, yang bak selebritas, sejak berhubungan dengan Victoria.

Hubungan mereka memanas karena insiden usai Man United kalah 0-2 dari Arsenal di Old Trafford pada putaran kelima Piala FA 2002-2003. Beckham tidak sengaja dilempar sepatu oleh Ferguson sehingga melukai bagian mata kanannya. Pada akhir musim, Beckham pun dijual ke Real Madrid.

2. Paul Pogba

Paul Pogba (Foto: Reuters)

Posisi kedua ditempati oleh Paul Pogba yang juga menghabiskan masa mudanya sebagai pemain Man United (2009-2012). Sayang, Pogba kekurangan menit bermain sehingga hengkang ke Juventus secara gratis pada musim panas 2012.

Keputusan itu tepat karena karier Pogba menanjak di Juventus dengan meraih beberapa gelar domestik Italia. Pada musim panas 2016, Man United pun memulangkan Pogba dengan mahar 105 juta euro (sekira Rp1,6 triliun). Akan tetapi, pada akhir musim 2021-2022, Pogba kemungkinan besar akan pergi dari Man United dengan gratis lagi karena kontraknya habis.

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

Posisi pertama dalam daftar ini ditempati oleh Cristiano Ronaldo yang musim ini menjalani masa keduanya di Man United. Sebelumnya, pemilik lima trofi Ballon dOr itu memperkuat Man United pada 2003-2009 dengan torehan berbagai trofi bergengsi.

Namun, Ronaldo hengkang dari Man United ke Real Madrid pada musim panas 2009. Setelah sukses dalam sembilan musim bersama Real Madrid, Ronaldo memperkuat Juventus pada 2018-2021 sebelum kembali ke Man United. Dengan usia 37 tahun, pemain asal Portugal itu masih menjadi andalan di lini depan Man United.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini