Share

Imbas Konflik Rusia-Ukraina, FA Konfirmasi Timnas Inggris Tak Akan Lawan Beruang Merah di Laga Apa pun

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Senin 28 Februari 2022 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 28 51 2553998 imbas-konflik-rusia-ukraina-fa-konfirmasi-timnas-inggris-tak-akan-lawan-beruang-merah-di-laga-apa-pun-q3q9y1VGY8.jpg Timnas Inggris tidak akan lawan Timnas Rusia dalam kompetisi apa pun (Foto: Reuters)

LONDON – Federasi Sepakbola Inggris (FA) menegaskan, bahwa Timnas Inggris tidak akan melawan Rusia dalam kompetisi apa pun. Ini adalah buntut dari konflik Rusia dengan Ukraina.

Sebagaimana diketahui, konflik antara Rusia dan Ukraina memanas. Hal itu terjadi setelah Rusia melancarkan serangan dan pasukan militer mereka telah masuk ke Ibu Kota Ukraina, Kiev.

Timnas Inggris (Foto: Reuters)

Hal itu pun berdampak pada berbagai sektor, termasuk sepakbola. Salah satunya, membuat final Liga Champions 2021-2022 dipindahkan dari Saint Petersburg, Rusia ke Paris, Prancis.

Kini, giliran FA yang mengutuk perlakuan keji dari negara pimpinan Vladimir Putin itu. Mereka memutuskan, bahwa The Three Lions tidak bersedia untuk melawan Rusia dalam kompetisi apa pun, baik dalam level senior maupun junior serta parasepakbola.

"Karena solidaritas dengan Ukraina dan dengan sepenuh hati mengutuk kekejaman yang dilakukan oleh kepemimpinan Rusia, FA dapat mengonfirmas,i bahwa kami tidak akan bermain melawan Rusia dalam pertandingan internasional apa pun untuk waktu yang akan datang,” tulis pernyataan FA, dilansir dari Mirror, Senin (28/2/2022).

"Ini termasuk setiap pertandingan potensial di semua tingkat kelompok usia senior atau parasepakbola,” tambah pernyataan tersebut.

Selain FA, Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) juga telah mengambil sikap atas serangan Rusia. FIFA menyatakan timnas maupun klub Rusia tidak boleh mengibarkan bendera serta memainkan lagu kebangsaan mereka di semua pertandingan.

Timnas Rusia (Foto: Reuters)

"Tidak ada bendera atau lagu kebangsaan Rusia yang akan digunakan dalam pertandingan yang diikuti oleh tim-tim dari Persatuan Sepak Bola Rusia," tulis pernyataan FIFA.

"FIFA ingin mengulangi kecamannya atas penggunaan kekuatan oleh Rusia dalam invasinya ke Ukraina. Kekerasan tidak pernah menjadi solusi dan FIFA mengungkapkan solidaritas terdalamnya kepada semua orang yang terkena dampak dari apa yang terjadi di Ukraina,” imbuh FIFA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini