Share

Mantan Pelatih Bayern Munich Sindir Timnas Malaysia U-23 yang Hancur Lebur di Piala AFF U-23 2022: Andalkan Pemain Naturalisasi!

Cikal Bintang, MNC Portal · Selasa 22 Februari 2022 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 51 2551198 mantan-pelatih-bayern-munich-sindir-timnas-malaysia-u-23-yang-hancur-lebur-di-piala-aff-u-23-2022-andalkan-pemain-naturalisasi-60NYNckBzE.jpg Mantan pelatih Bayern Munich sindir Timnas Malaysia U-23. (Foto: Twitter/@FAM_Malaysia)

MANTAN pelatih tim junior Bayern Munich, Lim Teong Kim, menyindir Timnas Malaysia U-23 yang hancur lebur di Piala AFF U-23 2022. Ia menyindir ada baiknya Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) menggunakan pemain naturalisasi sejak level U-23.

Ia bilang seperti itu karena kesal FAM gencar melakukan naturalisasi di tim senior dan enggan melakukan pembinaan pemain muda. Karena banyak pemain naturalisasi di skuad senior, pemain-pemain U-23 jadi minim kesempatan mentas di level senior.

Dion Cools

(Dion Cools salah satu pemain naturalisasi milik Malaysia)

"Presiden FAM dan MFL (Liga Malaysia), lain kali gunakan saja pemain naturalisasi untuk tim berusia 23 tahun itu,” kata Lim Teong Kim mengutip dari Makan Bola, Selasa (22/2/2022).

"Kalau bisa di Super League dan Premier League, gunakan 11 pemain asing saja. Dengan cara itu, saya yakin sepakbola Malaysia akan maju,” sindir pria yang pernah menjabat sebagai Direktur Proyek Pengembangan Sepakbola Malaysia tersebut.

Sebagai informasi, saat ini Timnas Malaysia memang memiliki beberapa pemain naturalisasi seperti Dion Cools dan Guilherme. Namun, nama-nama di atas belum memberikan dampak kepada performa Timnas Malaysia.

Di saat Timnas Malaysia senior belum menggeliat, skuad Harimau Muda –julukan Timnas Malaysia U-23– juga memble. Timnas Malaysia U-23 tunduk dalam dua pertandingan Grup B Piala AFF U-23 2022 melawan Laos (1-2 dan 0-2).

Follow Berita Okezone di Google News

Akibatnya, harapan Timnas Malaysia U-23 untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2022 sirna. Berbagai tuntutan pun datang kepada pasukan Brad Maloney untuk segera berbenah.

Timnas Malaysia

(Timnas Malaysia U-23 hancur lebur di Piala AFF U-23 2022)

Media Malaysia, Semuanyabola, bahkan menyebut jika FAM tak berbenah, Timnas Malaysia bisa selevel Sri Lanka dalam 5 tahun ke depan. Sekadar diketahui, saat ini Sri Lanka menempati peringkat 204 dunia, jauh tertinggal dari Malaysia yang menempati 151 dunia.

“Lantas bagaimana sebenarnya masa depan sepakbola negara kita? Jika para pemain muda kita kalah dari Laos, bukan tak mungkin dalam 5 tahun ke depan kita bakal setara dengan Sri Lanka yang kini menempati peringkat 204 dunia,” tulis Semuanyabola.

“Sejauh ini, pimpinan FAM hanya meminta dukungan kepada Timnas Malaysia. FAM berharap pemain-pemain muda ini dapat mengubah nasib sepakbola nasional,” tutup Semuanyabola.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini