Share

Hasil Timnas Thailand U-23 vs Vietnam di Piala AFF U-23 2022: Menang 1-0, The Golden Star Jadi Juara untuk Pertama Kali

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 26 Februari 2022 21:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 26 51 2553638 hasil-timnas-thailand-u-23-vs-vietnam-di-piala-aff-u-23-2022-menang-1-0-the-golden-star-jadi-juara-untuk-pertama-kali-jCnt7mlab5.jpg Timnas Vietnam U-23 juara Piala AFF U-23 2022 untuk pertama kalinya (Foto: Twitter/@AFFPresse)

PHNOM PENH – Timnas Thailand U-23 melawan Vietnam pada final Piala AFF U-23 2022. Tanding di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Sabtu (23/2/2022), malam WIB, laga berjalan sengit sejak menit pertama.

Kedua tim tampil terbuka sejak menit pertama. Akan tetapi, Vietnam mampu menang 1-0 sehingga menjadi juara Piala AFF U-23 untuk pertama kalinya.

Timnas Thailand U-23 vs Timnas Vietnam U-23 (Foto: Twitter/@AFFPresse)

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Sejak wasit meniup peluit kickoff, kedua tim langsung bermain terbuka. Secara bergantian, kedua tim melakukan percobaan menendang ke arah gawang.

Thailand berhasil menciptakan peluang melalui tendangan Thanawut dari luar kotak penalti. Namun, tendangan mendatar kerasnya hanya membentur tiang gawang.

Tak berselang lama, Vietnam yang giliran menciptakan peluang. Umpan dari sisi kiri dari Vo Nguyen ke kotak penalti disambut Doan Anh, tetapi bola bisa ditepis kiper Thailand.

Lagi-lagi Thailand mencoba peruntungan melalui tendangan keras dari luar kotak penalti. Kini, giliran Thanawat, yang tendangan kerasnya, bisa ditepis keluar oleh kiper Vietnam.

Mendekati akhir babak pertama, Vietnam mulai menemukan celah di pertahanan Thailand karena koordinasi bek mereka kurang baik. Betul saja, Thailand kecele pada menit injury time, tepatnya menit 45+1.

Melalui sepak pojok, tercipta bola liar di kotak penalti. Kemudian, bek sayap Vietnam melakukan umpang yang disambut Tran Bao Tuan. Sundulannya mampu memperdaya kiper Thailand dan skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Vietnam pada akhir babak pertama.

Babak Kedua

Vietnam memulai babak kedua dengan baik. Vietnam berupaya untuk menekan Thailand demi membuat gol kedua yang mungkin mengamankan kemenangan mereka.

Namun, Thailand pun tidak tinggal diam. Thailand berupaya untuk menekan balik, tetapi mereka kesulitan untuk menembus sepertiga terakhir daerah pertahanan Vietnam hingga menit 54.

Pada menit 64, Vietnam hampir menciptakan gol kedua mereka. Sayang, upaya itu gagal karena aksi heroik Narongsak di bawah mistar gawang Thailand.

Setelah peluang emas itu gagal dimaksimalkan, Vietnam makin sering menyerang Thailand. Vietnam makin leluasa karena para pemain Thailand kerap melakukan kesalahan di wilayah sendiri.

Vietnam pun membalas dengan serangan balik cepat pada menit 82. Sayang, sepakan Tran Bao Toan masih tepat ke tangkapan Narongsak.

Jelang pertandingan berakhir, Thailand mencoba mengurung Vietnam. Peluang terakhir didapatkan Thailand melalui tendangan bebas pada injury time, tetapi tidak berbuah hasil. Pada akhirnya, Vietnam pun menang 1-0 dan keluar sebagai juara.

Susunan pemain Thailand vs Vietnam:

Thailand (4-3-3): Narongsak; Thatwachai, Theekawin, Chonnapat, Sittha Boonlha, Kakana Kamyok, Thanawat, Kroekphon, Woradach, Anusak, Thanawut

Pelatih: Salvador Valero Garcia

Vietnam (4-3-3): Dang Tuan Hung; Tran Bao Toan, Dong Quang Nho, Vo Nguyen Huang, Nguyen Trung Thanh, Huynh Tien Dat, Ho Khac Luong, Phan Tuan Tai, Dinh Quy, Doan Anh, Nguyen Thanh Nhan

Pelatih: Dinh The Nam

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini