Share

Media Yunani Sebut Cyrus Margono Datang ke Kedubes RI di Athena untuk Bela Timnas Indonesia

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 02 Februari 2022 09:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 02 51 2541220 media-yunani-sebut-cyrus-margono-datang-ke-kedubes-ri-di-athena-untuk-bela-timnas-indonesia-jzjreTtkwM.jpg Cyrus Margono dikabarkan siap bela Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@cmargono)

MEDIA asal Yunani, Trifilara, menilai kehadiran Cyrus Margono ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (Kedubes RI) di Athena, Yunani, pada Jumat, 28 Januari 2022, sebagai langkah awal mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI).

“Meski belum bermain secara resmi dengan Panathinaikos B, Cyrus Margono telah menarik minat masyarakat Indonesia. Rekan-rekan ayahnya (masih berpaspor AS) mengklaim kiper 20 tahun itu datang ke Kedubes RI untuk memulai proses mendapatkan kewarganegaraan Indonesia,” tulis Trifalara.

Cyrus Margono

(Media Yunani membahas kemungkinan Cyrus Margono membela Timnas Indonesia)

“Hal itu berarti, Margono telah memutuskan untuk mewakili Indonesia di kancah internasional. Terlebih, Indonesia saat ini tengah berusaha mencari talenta luar negeri,” lanjut isi artilkel tersebut.

Cyrus Margono juga mengunggah pertemuan antara dirinya dengan Kedubes RI di Athena. Semakin heboh karena kiper bertinggi badan 190 sentimeter ini menulis kata “Sebentar lagi” yang mengindikasikan dirinya segera membela Timnas Indonesia.

“Sebentar lagi #kitagaruda,” tulis Cyrus Margono dibarengi emoji bendera Merah Putih.

Untuk mendapatkan status WNI, Cyrus Margono pun tak perlu menjalani proses naturalisasi layaknya Sandy Walsh dan kawan-kawan. Menurut Undang-undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia pasal 6, Cyrus Margono bisa mendapatkan status WNI tanpa menjalani proses naturalisasi.

Sebab, dalam pasal 6 Undang-undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2006 diatur bahwa anak yang berkewarganegaraan ganda setelah berusia 18 tahun atau telah kawin, bisa memilih salah satu kewarganegaraan. Paling lambat tiga tahun setelah si anak berusia 18 tahun atau telah menikah.

Cyrus Margono

Berhubung Cyrus Margono baru berusia 20 tahun, ia belum melewati batas waktu yang ditentukan. Alhasil, nama Cyrus Margono dikaitkan dengan Timnas Indonesia U-23 yang pada 14-26 Februari 2022 ambil bagian di Piala AFF U-23 2022.

Tanda itu semakin kuat karena pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak memanggil sang penjaga gawang andalan, Ernando Ari Sutaryadi. Saat ini Shin Tae-yong baru menyertakan tiga nama kiper yakni Cahya Supriadi, Muhammad Riyandi dan Muhammad Adi Satryo.

Bukan tak mungkin, Shin Tae-yong bakal memanggil Cyrus Margono sekaligus membawa empat kiper ke Piala AFF U-23 2022. Sebab, ketika Timnas Indonesia turun di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong memanggil empat penjaga gawang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini