Share

Penyebab Cyrus Margono Bisa Bela Timnas Indonesia Tanpa Proses Naturalisasi

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 02 Februari 2022 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 02 51 2541209 penyebab-cyrus-margono-bisa-bela-timnas-indonesia-tanpa-proses-naturalisasi-lQ6XYW12sE.jpg Cyrus Margono siap bela Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong. (Foto: Instagram/@cmargono)

PENYEBAB Cyrus Margono bisa langsung bela Timnas Indonesia tanpa proses naturalisasi akan dibahas dalam artikel ini. Penjaga gawang berusia 20 tahun itu saat ini memiliki kewarganegaraan ganda, yakni Indonesia dan Amerika Serikat.

Menurut Undang-undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia pasal 6, Cyrus Margono bisa mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI) tanpa menjalani proses naturalisasi.

Cyrus Margono

Sebab, dalam pasal 6 Undang-undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2006 diatur bahwa anak yang berkewarganegaraan ganda setelah berusia 18 tahun atau telah kawin, bisa memilih salah satu kewarganegaraan. Paling lambat tiga tahun setelah si anak berusia 18 tahun atau telah menikah.

Berhubung Cyrus Margono baru berusia 20 tahun, ia belum melewati batas waktu yang ditentukan. Alhasil, kiper keturunan Indonesia-Iran ini bisa berseragam Timnas Indonesia tanpa menjalani proses naturalisasi seperti Jordi Amat dan kawan-kawan.

Cyrus Margono membuat heboh pencinta sepakbola Tanah Air pada Senin, 31 Januari 2022. Di akun Instagram-nya, @cyrusmargono, mengunggah foto mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia yang berada di Athena, Yunani.

Dalam unggahannya, Cyrus Margono juga menyebut kata “sebentar lagi”. Hal itu seakan memberi kode bahwa Cyrus Margono bakal membela Timnas Indonesia dalam waktu dekat.

“Sebentar lagi #kitagaruda,” tulis Cyrus Margono dibarengi emoji bendera Merah Putih.

Cyrus Margono

Bagi yang belum tahu, Cyrus Margono merupakan kiper berdarah Indonesia-Iran. Saat ini a berstatus kiper klub yang mentas di kasta kedua sepakbola Yunani, Panathinaikos B.

Pengalaman mentas di persepakbolaan Eropa praktis membantu Timnas Indonesia saat mentas di turnamen-turnamen besar Asia bahkan dunia. Sekarang yang jadi pertanyaan, akankah Cyrus Margono bakal dipanggil Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2022?

Shin Tae-yong tak memanggil kiper Ernando Ari Sutaryadi untuk Piala AFF U-23 2022. Hal itu seakan pertanda Shin Tae-yong bakal memanggil penjaga gawang bertinggi badan 190 sentimeter tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini