Share

Ejek Faris Ramli di Piala AFF 2020, Asnawi Mangkualam Resmi Minta Maaf

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 51 2538182 ejek-faris-ramli-di-piala-aff-2020-asnawi-mangkualam-resmi-minta-maaf-k7iTW0gqSv.jpg Asnawi Mangkualam resmi meminta maaf ke Faris Ramli atas insiden di semifinal Piala AFF 2020. (Foto: Laman resmi Piala AFF 2020)

FULLBACK kanan Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, resmi meminta maaf kepada winger Singapura, Faris Ramli. Ia menyebut tindakan yang dilakukannya kepada Faris Ramli hanya spontanitas dan tak ada unsur kesengajaan.

Asnawi Mangkualam menjadi sorotan di leg II semifinal Piala AFF 2020 yang mempertemukan Timnas Indonesia vs Singapura. Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia menang 4-2 atas Singapura.

Asnawi Mangkualam

Selain karena tampil militan, Asnawi Mangkualam disorot karena melakukan aksi provokasi kepada Faris Ramli. Saat waktu normal 90 menit segera berakhir dalam kedudukan 2-2, Timnas Singapura menerima hadiah penalti setelah fullback kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan, menjatuhkan winger Singapura, Shawal Anuar.

Faris Ramli yang bernomor punggung 10 maju sebagai eksekutor. Jika penalti yang dilepaskan Faris Ramli menghasilkan gol, Singapura diprediksi lolos ke final Piala AFF 2020.

Sebab, Singapura akan unggul 3-2 ketika pertandingan menyisakan masa injury time. Namun, kiper Timnas Indonesia Nadeo Argawinata tampil menjadi penyelamat.

BACA JUGA: Profil Miro Baldo Bento dan Joao Bosco, Mantan Pemain Timnas Indonesia yang Berpaspor Timor Leste

Nadeo Argawinata menepis tembakan Faris Ramli yang maju sebagai eksekutor. Asnawi Mangkualam yang sebelumnya sedang jongkok langsung berlari ke arah Faris Ramli.

Asnawi Mangkualam langsung berteriak dan mengucapkan kata “thank you” atau terima kasih kepada Faris Ramli karena gagal mengeksekusi penalti. Meski hanya berkata sebatas terima kasih, Asnawi Mangkualam tetap meminta maaf kepada Faris Ramli.

Asnawi Mangkualam

“Ada yang ingat momen ini? Maaf, kejadian ini tidak baik untuk ditiru. Ini hanya spontanitas dan saya hanya mengucapkan terima kasih kepada Faris,” kata Asnawi Mangkualam di akun Instagram-nya, @asnawi_bhr.

Sebelum permintaan maaf di atas, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sempat mengeluarkan ultimatum kepada Asnawi Mangkualam. Ia mengaku takkan menggunakan jasa Asnawi lagi jika kembali melakukan hal yang sama.

Terlepas dari itu, Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste di FIFA Matchday yang berlangsung Kamis, 27 Januari 2022 pukul 19.00 WIB. Asnawi absen karena Shin Tae-yong sengaja tidak melibatkan pemain-pemain yang berkarier di luar negeri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini