Share

PSSI Tak Respons Timnas Indonesia Diundang ke Turnamen Kelas Dunia?

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2022 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 51 2537683 pssi-tak-respons-timnas-indonesia-diundang-ke-turnamen-kelas-dunia-2G6SRn2EwI.jpg Witan dan Egy saat membela Timnas Indonesia di Turnamen Toulun pada 2017 silam. (Foto: Instagram/tournoimrevello)

JAKARTA – Indonesia dikabarkan telah mendapatkan undangan dari ajang internasional untuk kelompok umur, yakni Turnamen Toulon di Prancis pada Mei 2022 mendatang. Namun, kabar dari pihak panitia penyelenggara Turnamen Toulon menyebutkan pihak PSSI tak menanggapi sama sekali undangan yang sudah mereka berikan.

Untuk yang belum tahu, Turnamen Toulon adalah salah satu ajang internasional kelompok umur pertama di dunia. Bahkan turnamen itu sudah ada sejak 1967 lebih dulu ketimbang Piala Dunia U-17 yang digelar oleh FIFA .

Sejumlah pemain bintang pernah lahir dari mengikuti ajang tersebut. Sebut saja seperi Thierry Henry, Rui Costa, Javier Mascherano, Alan Shearer dan masih banyak lagi. Bahkan Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri pernah bermain di Turnamen Toulon.

Baca Juga: Mantan Kiper Ajax Amsterdam Dikabarkan Tertarik Bela Timnas Indonesia, Ini Peluangnya

Instagram Turnamen Toulun beri selamat untuk Witan dan Egy

Pada saat itu, Timnas Indonesia yang masih dipegang Indra Sjafri mendapatkan undangan untuk ikut Turnamen Toulon edisi 2017. Itu adalah Tournamen Toulon perdana Timnas Indonesia dan sejak saat itu belum pernah ikut lagi.

Sejatinya hanya tim-tim undangan saja yang diterima di Turnamen Toulon, jadi tidak sembarang negara bisa mengikuti ajang yang banyak melahirkan pemain bintang tersebut. Pada edisi 2022 ini, Timnas Indonesia kembali mendapatkan undangan, namun seperti yang diungkapkan sebelumnya, PSSI justru cuek karena tidak membalas undangan dari panitia Turnamen Toulon.

Fakta menarik itu diketahui dari posting-an akun instagram resmi Turnamen Toulen, @tournoimrevello. Dalam update-an terbarunya, instagram Turnamen Toulon sejatinya hanya memberi selamat kepada Witan dan Egy yang kini satu tim lagi di FK Senica.

Kendati begitu, ada komentar yang meminta Timnas Indonesia diundang lagi ke Turnamen Toulon. Tak lama kemudian admin dari instagram Turnamen Toulun memberitahu bahwa undangan sudah diserahkan, tapi belum ada kabar balasan dari pihak PSSI.

“Kami senang jika Indonesia bisa ikut dalam edisi berikutnya dan sudah ada undangan yang diberikan. Namun federasi mereka (PSSI) sayangnya tidak memberikan tanggapan,” bunyi pernyataan panitia Turnamen Toulun, Selasa (25/1/2022).

Logo PSSI

Tentu jika itu benar, sayang disayangkan PSSI melepaskan salah turnamen bergengsi untuk kelompok umur itu. Padahal dari Turnamen Toulun, akan ada banyak pelajaran yang bisa dipetik.

Sejauh ini pun sudah ada 11 negara yang dipastikan ikut serta pada Turnamen Toulun pada Mei 2022 nanti. Empat negara berasal dari AFC, yakni Qatar, Jepang, Australia, dan India. Lalu sisanya dari Cile, Meksiko, Rumania, Ghana, Pantai Gading, Denmark, dan Prancis selaku tuan rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini