Share

Meski Sulit, Ini Syarat Timnas Putri Indonesia untuk Lolos ke Perempatfinal Piala Asia Wanita 2022

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2022 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 51 2537457 meski-sulit-ini-syarat-timnas-putri-indonesia-untuk-lolos-ke-perempatfinal-piala-asia-wanita-2022-7RmjKE7nX1.jpg Timnas Putri Indonesia vs Timnas Putri Australia. (Foto: PSSI)

MUMBAI – Tim Nasional (Timnas) Putri Indonesia sudah menelan dua kekalahan di Grup B Piala Asia Wanita 2022. Dengan dua kekalahan itu, skuad Garuda Pertiwi menghuni peringkat terbawah dan memiliki kans yang sangat kecil untuk bisa lolos ke babak perempatfinal.

Meski kecil, sejatinya peluang lolos itu masih ada. Namun, syarat untuk bisa melaju ke babak delapan besar pun terbilang sangat sulit. Bisa dikatakan Timnas Putri Indonesia bakal menjalani misi mustahil untuk bisa lolos.

Seperti yang diketahui, Timnas Putri Indonesia menghuni peringkat keempat Grup B dengan belum memiliki poin, belum mencetak gol, dan sudah kebobolan 22 gol. Mereka takluk 0-18 saat melawan Australia dan kalah 0-4 ketika berjumpa Thailand.

Terakhir, Zahra Muzdalifah dan kawan-kawan harus menghadapi tim yang saat ini menghuni posisi kedua di Grup B, yakni Filipina. Laga pamungkas tersebut akan berlangsung pada Kamis 27 Januari 2022 mendatang.

Baca Juga: Timnas Putri Indonesia Belum Menang di Piala Asia Wanita 2022, sang Pelatih Bilang Begini

Timnas Putri Indonesia vs Australia (PSSI)

Untuk bisa membuka peluang lolos ke perempatfinal, Timnas Putri Indonesia harus menang saat melawan Filipina. Lalu syarat selanjutnya adalah Australia mampu mengalahkan Thailand, maka dengan begitu ada tiga tim yang memiliki jumlah poin yang sama.

Andai skenario itu terjadi Timnas Putri Indonesia, Thailand, dan Filipina akan sama-sama memiliki 3 poin. Kondisi itu juga meniadakan head-to-head dan masalah selanjutnya kini adalah selisih gol.

Untuk sekadar informasi, regulasi kompetisi di poin 7.3 menyebut jika ada dua dan lebih tim dengan poin yang sama, maka penentuan posisi akan berdasarkan head-to-head dan goal difference. Untuk kasus di Grup B Piala Asia Wanita 2022, maka penentuan posisi akan langsung ke selisih gol.

Masalahnya kini jumlah kebobolan Timnas Putri Indonesia terlalu besar. Hal itu membuat sangat mustahil bagi pasukan Rudy Eka Priyambada berada tepat di bawah Australia dan lolos langsung ke babak selanjutnya.

Pasalnya saat ini Thailand golnya surplus tiga gol, maka setidaknya Timnas Putri Indonesia minimal harus menang 25 gol saat melawan Filipina untuk bisa membuka peluang finis sebagai runner-up. Namun, bila melihat kondisi Timnas Putri Indonesia yang sama sekali belum mencetak gol, maka membobol gawang Filipina sebanyak 25 kali adalah hal yang sangat sulit terjadi.

Lalu harapan terakhir Timnas Putri Indonesia adalah dengan finis di peringkat ketiga. Masalah selanjutnya, ketentuan peringkat ketiga terbaik itu ditentukan tanpa melihat gol melawan tim terlemah di grup, dalam hal ini gol ke gawang Filipina.

Timnas Putri Indonesia vs Thailand (AFC)

Jadi, berapa pun skor gol yang mampu diciptakan Timnas Putri Indonesia saat menang melawan Filipina, skuad Garuda Pertiwi tetap akan dilihat memiliki minus 22 gol (dari hasil laga Australia dan Thailand). Bersaing dengan kondisi minus 22 gol dengan tiga grup lainnya untuk memperebutkan posisi tiga terbaik jelas sangatlah berat.

Jadi, itulah syarat yang harus dilalui Timnas Putri Indonesia jika ingin bermain ke babak perempatfinal Piala Asia Wanita 2022. Kan situ masih ada, tapi untuk mewujudkannya sangatlah mustahil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini