Share

Takluk 0-4 dari Thailand, Rudy Eka Priyambada Beberkan Alasan Timnas Putri Indonesia Kesulitan Menang

Cikal Bintang, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 21:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 51 2537176 takluk-0-4-dari-thailand-rudy-eka-priyambada-beberkan-alasan-timnas-putri-indonesia-kesulitan-menang-AKJoIUU3Lu.jpg Timnas Putri Indonesia vs Timnas Putri Thailand. (Foto: AFC)

MUMBAI – Tim Nasional (Timnas) Putri Indonesia baru saja ditaklukkan Thailand di matchday kedua Grup B Piala Asia Wanita 2022 pada Senin (24/1/2022) malam WIB. Setelah sebelumnya skuad Garuda Pertiwi tumbang 0-18 dari Australia, kini skuad asuhan Rudy Eka Priyambada kalah dengan skor 0-4 dari Thailand.

Kekalahan itu lantas membuat Timnas Putri Indonesia kini menghuni dasar klasemen sementara Grup B Piala Asia Wanita 2022 dengan nol poin dan kebobolan 22 gol. Tentunya itu hasil yang buruk dan menurut Rudy, semua itu terjadi karena pemainnya masih gugup lantaran banyak yang baru pertama bermain di laga internasional seperti Piala Asia Wanita 2022.

Selepas pertandingan, pelatih Timnas Putri Indonesia, Rudy Eka Priyambada mengatakan skuadnya masih belum cukup pengalaman. Hal itu menyebabkan timnya masih gugup dalam pertandingan bertaraf Internasional.

Baca Juga: Hasil Timnas Putri Indonesia vs Thailand di Piala Asia Wanita 2022: Garuda Pertiwi Tumbang 0-4

Pelatih Timnas Putri Indonesia, Rudy Eka Priyambada

Bertanding di D.Y Patil Sports Stadium, India, Timnas Putri Indonesia langsung tidak berkutik di babak pertama. Garuda Pertiwi langsung kebobolan dua gol lewat sepakan Kanyanat Chettabutr (27’ dan 36’).

Unggul dua gol di babak pertama, Timnas Putri Thailand tidak mengendurkan serangannya. Pada babak kedua, mereka kembali mencatatkan dua gol yang dicetak oleh Kanyawat (71’) dan Irravadee Makris (76’).

Usai pertandingan, Rudy mengatakan skuadnya masih ‘demam panggung’ saat berada di turnamen sebesar Piala Asia Wanita 2022. Kendati demikian, Rudy mengapresiasi perjuangan Shalika Aurelia dan kolega dalam pertandingan tersebut.

“Mereka (Timnas Putri Indonesia) ke sini gugup hadir di stadion besar dan lawan tim besar,” kata Rudy dalam konferensi pers pascapertandingan, Senin (24/1/2022).

“Saya apresiasi usaha mereka, berlari, masalahnya adalah mentalitas pemain karena kami tak punya kesempatan main di laga internasional sebelumnya,” sambungnya.

Lebih lanjut, Rudy merefleksikan hasil ini sebagai cerminan kurang baiknya sepakbola wanita di Tanah Air. Untuk selanjutnya, ia menaruh harapan pembinaan dan kompetisi sepakbola wanita lebih diperhatikan.

Timnas Putri Indonesia vs Thailand (AFC)

“Kami harus membangun sepakbola wanita. Enggak sekarang, tetapi di masa depan kami harus memperbaiki sepakbola wanita Indonesia,” tambahnya.

Selanjutnya, Timnas Putri Indonesia akan melawan Filipina pada Kamis 27 Januari 2022. Filipina sejauh ini mampu tampil baik dengan mengalahkan Thailand 0-1 dan hanya kalah 0-4 dari Australia yang memang sangat superior.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini